Ternate, 2/10 (Antara Maluku) - Perusahaan listrik Negara (PLN) Persero Area Ternate, Maluku Utara (Malut), bekerjasama dengan Pemerinta (Pemkot) Ternate akan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kecamatan Batang Dua, Kota Ternate.

"Ini juga merupakan bagian dari program Indonesia terang dan peresmian PLTU di Batang dua yang bakal diresmikan pada 14 Oktober nanti telah mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, bahkan pihak PLN sudah siap dengan seluruh kebutuhan fasilitas PLN," kata Kepala PLN (persero) Area Ternate, Awat Tuhulola di Ternate, Senin.

Ia mengaku, PLN sudah melakukan koordinasi dengan pemerintahaan Kota ternate dan semuanya sudah selesai untuk perisapannya dan dalam waktu dekat susah bakal diresmikan.

"Koordinasi sudah dilakukan dan tanggal 14 Oktober sudah bakal diresmikan, untuk itu, kesiapan yang dilakukan semuanya sudah rampung dan untuk PLTU yang ada di Batang dua sendiri, memiliki tiga Unit mesin dengn total masing-masing 300 kilowat (KW) dan dipastikan kapasitas tiga mesin tersebut sangat mampu untuk pengoperasian di Batang dua," ujar dia.

Selain itu, peresmian dilakukan sekaligus pengoperasian listrik, hal ini dilakukan agar Batang dua lebih cepat untuk dapat menikmati listrik.

Awat mengaku, untuk pelanggan pengguna listrik yang ada di Kecamatan Batang Dua sendiri sudah mencapai 500 pelanggal dengan menggunakan listrik pra bayar atau listrik pintar. Sementara itu, untuk sejauh ini tidak ada kendala baik pembangunan PLTU maupun pengguna yang lainnya.

"Tidak ada kendala, karena kita mendapat dukungan dari Pak Walikota sehingga penyelesaian aman dan lancar," ujar dia.

Di samping itu, kata Awat, pihaknya mengapresiasi kerjasama masyarakat dan pihak-pihak yang terkait lainnya, sehingga pihaknya sangat terbantu untuk penyelesaian PLTU yang ada di Batang Dua.

Pihaknya berharap kerjasama antar pemerintahan kabupaten/kota terus dijaga agar kedepannya kerjsama ini terus berjalan dengan mudah, pihak PLN sangat berterimakasih karena pemerintah kota sangat mendukung pembangunan PLTU di Kabupaten kota.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017