Ambon, 16/10 (Antara Maluku) - PT Sucofindo Cabang Ambon optimistis produk lokal dari Maluku akan masuk pasar global karena memiliki mutu yang baik.

"Kami optimistis produk lokal Maluku akan masuk ke pasar global dan siap untuk meningkatkan produk dengan berbagai strategi yang dapat mengembangkan produk unggulan Maluku," kata Kepala Kantor Sucofindo Cabang Ambon Iskandar di Ambon, Senin.

Menurut dia, selama ini ada beberapa komoditas Maluku yang telah masuk ke pasar dunia, seperti cengkih, pala dan ikan tuna.

Sucofindo sebagai lembaga inspeksi, pemeriksaan dan sertifikasi kerap melakukan pemeriksaan komoditi andalan yang berasal dari Maluku, seperti cengkeh pala, rumput laut, dan ikan.

"Potensi yang telah dimiliki ini harus terus dikembangkan dan diperkuat sehingga mutunya memenuhi persyaratan yang ditetapkan negara pembeli," ujarnya.

Iskandar mengakui, kehadiran pihaknya di Maluku merupakan bukti nyata mendukung peran strategis pemerintah terkait nawacita antara lain meningkatkan daya saing daerah,juga untuk mendorong pertumbuhan dari pinggiran.

"Pembangunan tidak hanya dilakukan di pusat saja, tetapi sesungguhnya potensi bisa dibangun dari pinggiran yakni provinsi Maluku. Kami melihat potensi Maluku sangat besar karena beberapa komoditi yang berasal dari Maluku sudah masuk ke pasar dunia, sehingga harus ditingkatkan," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya juga terus mendorong pelaku usaha serta pemerintah untuk bersama melakukan pengawalan, sehingga tujuan bersama untuk menumbuhkan ekonomi di provinsi ini dapat terwujud.

Potensi yang telah dimiliki lanjutnya, harus dikembangkan dan perkuat sehingga mutunya memenuhi persyaratan yang ditetapkan negara pembeli. Hal ini juga harus didukung pelaku usaha.

"Pelaku usaha misalnya harus merubah dan mengenali sistem keamanan pangan, sistem menejemen mutu lingkungan, pihaknya akan membantu mendorong pelaku usaha dan juga pemerintah untuk bersama mengawal, sehingga tujuan utama meningkatkan perekonomian Maluku yang semakin baik dapat tercapai," tandasnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017