Ambon, 18/10 (Antara Maluku) - Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Cabang Ambon melakukan sosialisasi pengenalan asuransi kepada para pelajar di SMA Kartika, Rabu, dalam rangka peringatan Hari Asuransi (Insurance Day) 2017.

Kegiatan itu diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku bersama Lembaga Jasa Keuangan dan Penjaminan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Daerah (FKLJKD) Provinsi Maluku.

Sosialisasi diikuti oleh para siswa kelas 10 dan kelas 12, selama satu jam.

Relationship Officer Jasindo Ambon, Agus Hendra Rangi mengatakan, sosialisasi itu bertujuan untuk mengenalkan asuransi kepada masyarakat khususnya para pelajar SMA yang ada di Kota Ambon.

"Sosialisasi asuransi ini untuk mengenal produk jasa dan layanan keuangan yang ada di lembaga Jasa Keuangan Asuransi dan Penjaminan, dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta keyakinan masyarakat khususnya pelajar sejak dini pada asuransi," kata Agus.

Menurut dia kegiatan sosialisasi asuransi terus dilakukan bersinergi dengan OJK, supaya Literasi Keuangan di Maluku dapat dipahami oleh masyarakat di daerah ini dengan baik.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Kepala Unit Teknik, Harso Utomo bersama staf, Elisabeth Naabi, dan Account Executive Perbankan Anggelina Lalihatu.

Adapun materi yang disampaikan di antaranya Manfaat Asuransi, Teori Risiko dan Asuransi, Risk, Peril dan Hazard, Insurable Risk, dan Ilustrasi Cara Mengelola Risiko.

Selain itu, Pengelolaan Risiko, Asuransi, Prinsip Asuransi, Koasuransi dan Reasuransi, Low of Large Number (LLN), Asymmetric Information, Klasifikasi Asuransi, Asuransi Mikro, Produk Asuransi, Mekanisme Penutupan Asuransi, Organisasi Perasuransian, Tips Berasuransi.

Materi lainnya, Mekanisme Penyebaran Risiko Perusahaan Asuransi, Tips Klaim, Mekanisme Klaim, Study Kasus, Profesi Industri Asuransi dan Sertifikasi Profesi.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Kartika Ambon, Min Papilaja mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada OJK dan Jasindo yang mempercayakan sekolah tersebut sebagai tempat penyampaian materi tentang asuransi.

"Kami sangat berterima kasih dan menyambut baik dengan penuh sukacita dan syukur, karena lewat materi asuransi yang disampaikan dapat menambah pengetahuan bagi para siswa/siswi," katanya.

Menurut dia, Asuransi Jasindo baru pertama kali melakukan sosialisasi tentang asuransi, dan sebelumnya sudah ada asuransi lain yang juga melakukan sosialisasi, di antaranya Asuransi Bumiputera dan Asuransi Jiwasraya.

"Karena itu, kami atas nama pimpinan sekolah menyampaikan terima kasih," ujarnya.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Maluku, Bambang Hermanto mengharapkan kegiatan edukasi keuangan dalam rangka Insurance Day ini dapat meningkatkan tingkat literasi dan inklusi keuangan masyarakat, terutama terhadap Asuransi dan Penjaminan.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017