Saumlaki, 25/10 (Antara Maluku) - Balthazar Lalamafu, Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Barat periode 2014-2019 yang baru dilantik melalui proses PAW menggantikan Yohanis Afaratu yang meninggal dunia pada Februari lalu, mengaku siap bekerja untuk kepetingan masyarakat daerah itu.

"Saya akan memperjuangkan keluhan dan harapan masyarakat yang selama ini belum terlaksana, serta mendukung visi dan misi besar Bupati dan Wakil Bupati MTB periode 2017- 2022," kata wakil rakyat dari Partai Demokrat tersebut kepada wartawan di Saumlaki, Rabu.

Baltazhar dilantik dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten MTB yang berlangsung pada Selasa. Ia berasal dari daerah pemilihan 1, mengganti posisi Yohanis Afaratu, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Maluku nomor 238 tahun 2017.

Sidang paripurna istimewa tersebut dihadiri oleh Pimpinan dan Anggota DPRD, Wakil Bupati MTB Agustinus Utuwaly, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Pimpinan SKPD serta tamu dan undangan lainnya.

Wakil Ketua DPRD MTB, Piet Kait Taborat selaku pimpinan sidang menyatakan dengan terpenuhinya seluruh persyaratan seperti diamanatkan oleh UU nomor 23 tahun 2014 serta pemenuhan syarat-syarat sebagaimana diatur dalam Tata Tertib, terutama dengan memperhatikan kutipan akta kematian Yohanis Afaratu, maka sidang tersebut sah dan mengikat secara hukum.

Piet Kait dalam sambutannya berpesan agar Balthazar Lalamafu melaksanakan tugas-tugas legislasi di lembaga DPRD MTB dengan penuh semangat serta takut kepada Tuhan, karena sesuai keyakinan politik bahwa Tuhanlah yang memanggil setiap wakil rakyat untuk bekerja dan bertanggungjawab serta bekerja secara etis untuk menyejahterahkan masyarakat.

"Sumpah dan janji saudara mengandung arti di pundak saudara tergantung tanggungjawab dan tugas yang harus dilaksanakan demi kesejahteraan masyarakat," katanya.

Balthasar sendiri menyatakan dirinya bersyukur kepada Tuhan karena telah melewati tahapan panjang selama enam bulan dalam proses PAW hingga dilantik, meskipun sesuai aturan sebetulnya hanya membutuhkan waktu maksimal tiga bulan.

Ketua DPC Partai Demokrat itu bertekad untuk terus mendorong komunikasi yang baik dari seluruh komponen masyarakat demi terselenggaranya program-program pembangunan di kabupaten berjuluk "Duan-Lolat" itu.

Kabupaten MTB memiliki posisi geografis yang berbatasan dengan negara Australia dan Timor Leste, serta memiliki 10 pulau terluar.

Masuk Daftar Beranda Indonesia, MTB memiliki luas wilayah 125.422 Km2, sebagian besar merupakan lautan (88,4 persen). Wilayahnya dapat dikelompokkan dalam empat satuan gugus pulau, yaitu Tanimbar, Babar, Pulau Terselatan, dan Pulau Lemola, yang mencakup 17 Kecamatan, dan 187 Desa/Kelurahan. 

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017