Ternate, 31/10 (Antara Maluku) - Jamaah haji Maluku Utara (Malut), Nursafa Soleman, yang dirawat di Rumah Sakit Aldar Madinah selama dua bulan lebih karena tertabrak mobil, akhirnya bisa dipulangkan ke Indonesia setelah kondisinya membaik.

"Nursafa Soleman tiba di Jakarta dari Madinah pada hari Minggu kemarin (29/10) dan langsung dirawat di Rumah Sakit Haji Pondok Gede Jakarta,"kata Kepala Bidang Urusan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Malut, Amar Manaf ketika dihubungi dari Ternate, Selasa.

Jamaah haji asal Kabupaten Halmahera Selatan itu, tertabrak mobil saat menyeberang jalan untuk melaksakan shalat subuh di Masjid Nabawi Madinah dan akibat musibah itu ia sempat tidak sadarkan diri selama satu bulan lebih.

Menurut Amar Manaf, Nursafa Solema rencananya akan diterbangkan ke Ternate pada Selasa besok dan setibanya di Ternate akan diserahkan kepada pihak Kantor Kementerian Agama Halmahera Selatan untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga yang sudah menunggu di Ternate.

Dalam penerbangan dari Jakarta ke Ternate, Nursafa Soleman akan didampingi oleh salah seorang anaknya yang sejak hari Sabtu (28/10) sudah berada di Jakarta, yang keberangkatannya dari Ternate ke Jakarta difasilitasi oleh perusahaan penerbangan Sriwijaya Air.

Amar Manaf yang juga ikut menjemput Nursafa Solema di Jakarta menjelaskan bahwa kondisi jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci dalam kloter 11 itu, sudah bisa berbicara dan bergerak, namun ingatannya belum pulih, sehingga masih membutuhkan proses perawatan yang cukup panjang.

Jamaah haji Malut yang tertahan di Tanah Suci saat seluruh jamah haji Malut dipulangkan ke Indonesia pada pertengahan September 2017 lalu, selain Nursafa Soleman juga Sakura Fokaya, tetapi jamaah haji asal Kabupetn Kepulauan Sula itu telah meninggal di Tanah Suci.

Dari sebanyak 1077 Calon Jamaah Haji (CJH) Malut yang diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji 2017, tercatat sebelas orang yang meninggal dunia, sembilan orang di antaranya meninggal di Tanah Suci dan dua lainnya meninggal di embarkasi haji Makassar sebelemu diberangkatkan ke Tanah Suci.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017