Ternate, 3/12 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, akan berupaya mengakomodasi kebutuhan penyandang disabilitas dalam berbagai kegiatan pembangunan di daerah ini sebagai bentuk kepedulian terhadap mereka.

"Dalam pembangunan infrastruktur publik, misalnya akan disesuaikan dengan kebutuhan penyandang disabilitas agar mereka dapat memanfaatkan infrastruktur publik," kata Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman di Ternate, Minggu.

Seperti dalam pembangunan pedestrian di sisi Barat Jalan Pahlawan Revolusi Ternate disiapkan pula jalur khusus untuk pengguna kursi roda dan tunanetra sehingga mereka bisa melewati pedestrian itu dengan nyaman dan aman.

Menurut dia, kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Ternate akan menjangkau para penyandang disabilitas, misalnya dalam bentuk pelatihan keterampilan dan bantuan modal usaha produktif.

Khusus untuk penyandang disabilitas yang menuntut ilmu di bangku sekolah, Pemkot Ternate memberikan bantuan pendidikan gratis, bahkan jika memiliki prestasi belajar yang baik akan diberi beasiswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Ternate, Ikbal Ruray mengimbau kepada kalangan pelaku usaha di Ternate untuk memberi peluang kepada para penyandang disabilitas untuk bekerja di tempat usaha mereka.

Walaupun para penyandang disabilitas memiliki keterbatasan fisik mereka tetap memiliki potensi yang tidak kala jika dibandingkan dengan orang yang normal, asalkan diberi peluang kerja sesuai dengan kondisi fisik yang dimiliki.

"Saya kira banyak jenis pekerjaan di perusahaan yang bisa diberikan kepada para penyandang disabilitas, misalnya sebagai tenaga admintrasi untuk penyandang disabilitas yang hanya mengalami kecacatan fisik di kaki," katanya.

Para orang tua yang memiliki anak penyandang disabilitas juga diimbau untuk tetap memberikan perhatian khusus dan dorongan bagi anaknya untuk terus mengembangkan bakat dan potensi diri, karena fakta menunjukan banyak orang penyandang disabilitas yang menjadi orang sukses di berbagai bidang.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017