Ambon, 14/12 (Antara Maluku) - Kegiatan Workshop menulis dengan tema cinta data yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku diikuti 64 orang peserta dari berbagai unsur.

Workshop yang digelar Kamis, diikuti utusan Organisasi Kemasyarakatan (OKP) 20 orang, unsur wartawan 16 orang dari berbagai media cetak maupun elektronik di Kota Ambon dan dari staf BPS se-Maluku.

Kegiatan yang dibuka Kepala BPS Provinsi Maluku Dumangar Hutauruk menghadirkan dua orang nara sumber masing-masing Dumangar Hutauruk selaku Kepala BPS Provinsi Maluku dan satu lainnya dari Akademisi Unifersitas Pattimura Ambon yakni Thonny Matitaputty.

Dumangar dalam sambutannya mengatakan, BPS Provinsi Maluku setiap bulan melakukan rilies untuk menyajikan data-data baik itu inflasi/deflasi, Nilai Tukar Petani, kegiatan ekspor dan impor, kegiatan perhotelan ada yang enam bulan sekali terkait data pengangguran, tingkat kemiskinan.

"Ada juga data-data terkait indeks tendensi pertumbuhan ekonomi, bahkan ada yang disampaikan dalam kurang waktu 10 tahun yakni terkait sensus ekonomi," ujarnya.

Sebenarnya kita di BPS Provinsi, lanjutnya, data-data yang kami sajikan sesuai dengan data outentik yang ada di BPS.

Dia mengatakan, hal yang sama juga di lakukan oleh BPS ditingkat kabupaten dan kota selalu membuka lebar-lebar terkait data-data perkembangan daerah ini, mudah-mudahan dapat dimanfaatkan oleh pengguna data dengan baik.

"Untuk itulah kami dari BPS Provinsi Maluku secara khusus melakukan kegiatan Workshop Menulis dengan tema cinta data, yang nantinya kita harapkan para peserta agar dapat memanfaatkan data-data BPS ini secara baik," ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, kami sengaja mengundang Akademisi yang sudah cukup terkenal Tonny Matitaputty yang juga seorang penulis untuk menyampaikan materinya.

"Mudah-mudahan kegiatan hari ini juga dapat dipahami dan data-data yang disediakan oleh BPS dapat dimanfaatkan untuk dapat mencerdaskan bangsa," katanya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017