Ambon, 14/12 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ambon menerima bantuan dua unit motor sampah dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi dan Maluku.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada BPJS ketenagakerjaan yang telah memberikan perhatian terhadap percepatan pembangunan lingkungan, melalui bantuan dua unit motor sampah.

"Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dua unit motor sampah yang akan dipakai pejuang kebersihan di kota Ambon," katanya di Ambon, Maluku, Kamis.

Menurut dia, sejak awal BPJS ketenagakerjaan diluncurkan pihaknya menyatakan komitmen untuk memberikan proteksi bagi setiap tenaga kerja di kota ini.

Komitmen yang disampaikan yakni mewajibkan seluruh pengusaha sektor usaha yang mempekerjakan karyawan untuk wajib terdaftar dalam program BPJS ketenagakerjaan.

"Hal ini merupakan bentuk penghargaan terhadap nilai hidup dan kemanusiaan bagi tenaga kerja bukan hanya di sektor swasta tetapi juga non ASN, karena banyak pegawai non ASN bekerja tanpa ada jaminan dan kepastian," katanya.

Richard menyatakan, program ini penting bagi para tenaga kerja, karena yang terjadi selama ini para karyawan dibutuhkan saat sehat, tetapi saat sakit mengalami kesulitan.

Kebijakan yang ditempuh seluruh perizinan usaha yang akan memperpanjang ijin usaha wajib melengkapi bukti pembayaran keikutsertaan seluruh karyawan dalam BPJS ketenagakerjaan.

"Awal mula saya mendapat tantangan dari pengusaha, tetapi tenaga kerja merasa senang karena terproteksi dan mendapat jaminan, berjalannya waktu kultur berubah seluruh pengusaha juga bisa menerima dengan baik dan sekarang bukan hanya sektor swasta, tetapi juga ASN dan non ASN mendapat perlindungan baik BPJS ketenegakerjaan dan kesehatan," katanya.

Sementara itu, Deputi Direktur BPJS ketenagakerjaan wilayah Sulawesi dan Maluku, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulawesi dan Maluku, Sudirman Simamora menjelaskan, penyerahan bantuan kendaraan sampah dalam rangka membangun hubungan sinergitas BPJS ketenagakerjaan dengan Pemkot Ambon.

"Program BPJS ketenagakerjaan di kota Ambon berjalan dengan baik bukan hanya tenaga kerja sektor swasta tetapi ASN dan non ASN, upaya ini sebagai bentuk penurunan tingkat kemiskinan serta ketimpangan ekonomi," ujarnya.

Ia menambahkan, bantuan ini merupakan program peduli kebersihan lingkungan kepada Pemkot Ambon yang selama ini juga menerima penghargan Adipura selama lima tahun berturut-turut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga masyarakat juga menjadi lebih pro aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, serta mendukung pemerintah dalam menciptakan yang bersih dan sehat" ujarnya. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017