Ternate, 29/1 (Antaranews Maluku) - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memuji stabilitas kamtibmas di Maluku Utara (Malut) sebagai salah satu daerah paling aman di Indonesia.

"Kalau Kapolri seringkali datang ke wilayah tertentu maka kondisi kamtibmasnya kurang kondusif, dan Malut merupakan provinsi yang baru saya datangi karena suasana kamtibmasnya aman," katanya di Ternate, Senin.

Kapolri menyatakan hal itu saat akan mengakhiri kunjungan di Maluku Utara dan bersiap terbang menuju Papua.

Dia mengatakan, dari 33 Polda di Indonesia, Polda Malut adalah wilayah yang paling aman, dan Morotai adalah salah satu daerah yang teraman di Polda Malut.

Stabilitas keamanan di Morotai, kata Kapolri, harus dijaga bersama agar menjadi modal yang bagus bagi pembangunan dan peningkatan ekonomi serta kesejahteraan rakyat di daerah itu.

Kapolri menyatakan dirinya pun sudah memberikan arahan kepada seluruh masyarakat di Pulau Morotai, dalam rangka mewujudkan Negara Indonesia yang kuat, maju dan mandiri.

Menurut dia, Indonesia harus memiliki tentara yang kuat, polisi yang efisien, lntelejen yang kuat, dan birokrasi yang sehat dan kuat.

Karena itu, sinergitas antarunsur harus tetap dipelihara dengan baik.

"Bina kerja sama yang positif dengan tujuan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan daerah sehingga secara otomatis akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

"Selain itu, stabilitas keamanan tidak bisa dikelola oleh Polisi sendiri, mitra polisi yang paling penting adalah TNI, untuk itu saya minta hubungan yang baik antara TNI dan Polri dari tingkat atas sampai bawah harus kita tetap jaga, kita harus merapatkan barisan dan saling memahami masing-masing," tambahnya.

Kegiatan tatap muka sebelum Kapolri melanjutkan kunjungan kerja ke Papua Barat itu dihadiri oleh Kakor Brimob Polri Brigjen Pol Drs. Rudi Sufahriadi, Karo Provost Polri Brigjen Pol Drs Refbi Andri, M. Si, Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rihwanto, Kapolda Malut Brigjen Pol Ahmad Juri, SH. MH.

Selain itu, Kepala BNNP Malut Bpk Beny Gunawan, Wakapolda Malut Kombes Pol Lukas Arry, Bupati Pulau Morotai Beny Laos, Ketua DPRD Kab. Pulau Morotai Fahri Hairudin, Kasat Brimobda Malut Kombes Pol Anang Sumpena, Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra, Danlanal Morotai Letkol laut (P) Indra Joko R, Kapolres Pulau Morotai AKBP Andri Iskandar, SIK, Bpk Iswan (Perwakilan BNI), Letkol (Adm) Kubais Abraham (mewakili Danlanud Leo wattimena), Sekda Morotai M Kharie.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018