Ambon, 21/2 (Antaranews Maluku) - Sutradara kawakan Indonesia, Garin Nugroho dijadwalkan akan menjadi juri pada final kontes pemilihan Putra Putri The Natsepa (PPTN) di Kota Ambon, pada 24 Februari 2018.

Humas PPTN Mega Sumeisey, di Ambon, Rabu, membenarkan kalau Garin Nugroho menjadi satu dari tiga juri grand final PPTN tahun keempat, yang akan dilangsungkan di The Natsepa Resort & Conference Center.

Selain menjuri, sineas langganan festival film internasional itu juga dijadwalkan menjadi narasumber pada workshop "Budaya Milenial Untuk Produktivitas", pada 23 Februari 2018.

"Garin dipastikan sudah berada di Ambon pada 23 Februari, karena selain jadi juri beliau juga akan ada workshop dengan para finalis," kata Mega.

Kontes PPTN telah diselenggarakan sejak tahun 2014 dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan generasi muda terhadap pariwisata, budaya dan kesenian lokal, kini sudah melahirkan beberapa wakil Maluku yang berpartisipasi di tingkat nasional.

Sebut saja Leinda Wattimena (wakil Maluku di Miss Indonesia 2016), Theresa Kakiay (wakil Maluku di Putri Pariwisata Indonesia 2017), Hasan Suat dan Mouren Talakua (wakil Maluku di Putra-Putri Bahari 2017).

Pada penyelenggarannya yang keempat, tidak hanya menghadirkan Garin Nugroho, panitia PPTN juga mendatangkan Runner Up Miss World 2015 Maria Harfanti dan aktris Sekar Sari sebagai juri.

Nama Sekar Sari memang belum begitu familiar di industri film tanah air, tapi ia cukup fenomenal sebagai seorang aktris pendatang baru.

Sekar tercatat pernah menyabet penghargaan Best Performance di Singapore International Film Festival 2014, karena perannya sebagai Siti di film berjudul sama garapan Eddie Cahyono.

Peraih penghargaan Aktris Pendatang Baru Terbaik di Indonesia Movie Actor Awards 2016 itu, juga terlibat dalam film The Man from the Sea yang disutradarai oleh Koji Fukada.

"Juri yang kami datangkan berbeda-beda setiap tahunnya. Ini adalah kali pertama kami mengundang Garin Nugroho, Sekar Sari dan Maria Harfanti menjadi juri," ucap Mega.

Lebih lanjut ia mengatakan, proses pemilihan PPTN tahun keempat sudah berlangsung sejak tahun lalu, dimulai dengan tahap pendaftaran pada September 2017, kemudian seleksi pada Januari 2018.

Setelah melewati beberapa kali tahap seleksi, dari 93 orang yang mendaftar, 30 finalis telah terpilih untuk maju bersaing di babak grand final.

"Agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini yang mendaftar tidak sampai 100, hanya 93 orang," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018