Ambon, 2/3 (Antaranews Maluku) - Kodam XVI/Pattimura melaksanakan kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-72 Persit Kartika Chandra Kirana yang jatuh pada 3 April mendatang.

Siaran pers dari Penerangan Kodam Pattimura yang diterima Antara, Jumat menyebutkan, kegiatan tersebut diikuti oleh?oleh ibu-ibu Persit, Dharma Pertiwi, TNI-Polri dan masyarakat, bertempat di Rumah Sakit Tentara (RST) TK II Prof Dr.J.A. Latumeten.

Pangdam Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, dalam sambutan yang dibacakan Kakesdam XVI/Pattimura, Setia Budhi, mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian sosial Persit Kartika Chandra Kirana terhadap sesama tanpa melihat suku agama ras dan golongan.

Kegiatan itu dilaksanakan secara serentak dan terpusat di Rumah Sakit Tentara (RST) Ambon dan tersebar sampai tingkat Kodim.

Pangdam mengatakan kegiatan bakti sosial ini sudah sering dilaksanakan oleh Persit Kartika Chandra Kirana Untuk meringankan beban masyarakat dalam mengatasi keterbatasan persediaan darah.

Donor darah, kata dia, merupakan perbuatan sangat mulia yang menuntut adanya keputusan keikhlasan baik dari penyumbang darah maupun dari penerima.

"Dengan menyumbangkan darah, kita akan memperoleh manfaat baik untuk diri kita yaitu dengan terbentuknya sel-sel darah yang baru maupun untuk orang yang memerlukannya," katanya.

Pangdam XVI/Pattimura mengucapkan terima kasih kepada Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodam XVI/Pattimura beserta pengurus dan anggota atas segala kesungguhan dalam mempersiapkan acara ini sehingga dapat terselenggara dengan baik dan sesuai dengan rencana yang diharapkan.

"Dalam keadaan tertentu setetes darah pun insya Allah akan sangat membantu bagi kelangsungan hidup seseorang mudah-mudahan apa yang kita berikan akan dapat membantu meringankan beban warga masyarakat Ambon dan sekitarnya khususnya dalam mencukupi kebutuhan darah," kata Pangdam.

Ketua Persit Candra Kirana Kodam XVI/Pattimura, Ny. Ngesti Suko Pranoto mengatakan, kegiatan ini wujud partisipasi peran aktif organisasi Persit Kartika Chandra Kirana dalam melaksanakan program kerja bidang sosial, yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Donor darah ini sudah sering kali dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, karena sebagai keluarga besar TNI kita turut merasakan kesulitan yg dihadapi oleh anggota TNI,keluarganya dan masyarakat umum," katanya.

Ia menambahkan, aksi donor darah ini betujuan untuk memberikan dampak positif terhadap soliditas TNI dan keluarga besarnya serta masyarakat dalam memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan.

"Kami berharap agar kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan pada kegiatan seremonial tertentu saja tetapi perlu untuk terus ditumbuh kembangkan dan dibudayakan serta dilaksanakan setiap saat baik itu dilakukan secara bersama sama maupun perorangan," tandasnya.

Pewarta: Jimmi Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018