Ambon, 7/3 (Antaranews Maluku) - Kodam XVI/Pattimura menggelar lomba Peleton Tangkas (Ton Tangkas) Tahun 2028, untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan prajurit dalam pencapaian profesionalitas dan semangat juang serta motivasi satuan setingkat peleton dalam pencapaian keberhasilan pembinaan satuan.

Hal tersebut disampaikan Pangdam Mayjen TNI Suko Pranoto dalam siaran pers yang diterima Antara, Rabu.

Lomba Ton Tangkas tingkat Kodam Pattimura itu digelar selama enam hari di Lapangan Mako Yonif?Raider 733/Masariku di Desa Waiheru, Kota Ambon, mulai tanggal 3-8 Maret.

Lomba mempertandingkan beberapa materi seperti menembak yang terbagi dalam kategori Senapan Jarak 100 meter?dan Pistol, Materi Bidang Oramil antara lain Cross Country, Renang Militer, Halang Rintang dan Kesegaran Jasmani "A" Lari 3.200 meter.

Selanjutnya Materi Militiknik di antaranya Teori dan Praktek Ilmu Medan serta HTF yaitu Naik Togle, Turun Hesty, Jembatan Tali Tiga, Peluncuran, Rayapan Tali Satu, Jaring Pendarat, Snapling, dan Lempika (Lempar Pisau Kampak).

Perlombaan Ton Tangkas ini diikuti oleh 12 Tim yang mewakili masing-masing Satuan Tempur (Satpur) maupun Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) yang ada di Kodam XVI/Pattimura, 6 peleton dari Satuan Yonif Raider 733/Masariku, 2 peleton dari Satuan Yonif 731/Kabaresi, 2 peleton dari Satuan Denkav 5/BLC dan 2 Peleton dari Satuan Denzipur 5/CMG.

Pangdam Suko mengimbau tidak hanya kepada para unsur komandan tetapi juga masing-masing anggota untuk memperhatikan kondisi fisik sebelum maupun setelah pelaksanaan kegiatan, dan faktor keamanan dan keselamatan peserta maupun penyelenggara.

Pangdam?menegaskan kepada para peserta agar mengikuti lomba dengan menjunjung tinggi jiwa dan semangat sportivitas yang tinggi, sehingga melalui kegiatan ini dapat terlahirkan prajurit yang berkualitas yang dapat dibanggakan serta mampu bertanding pada event-event nasional.

"Saya berharap pula agar lomba Ton Tangkas kali ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan di antara warga Kodam XVI/Pattimura," katanya.

Berdasarkan data-data di lapangan, hasil perlombaan sementara yang dicatat panitia penyelenggara mulai dari pembukaan hingga hari ini di antaranya adalah nilai rata-rata Teori Lintas Medan 945,7, nilai rata-rata Lintas Medan 0:38`38" dan nilai rata-rata Menembak Senapan 258,800.

Pewarta: Jimmi Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018