Saumlaki, 18/3 (Antara) - Anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan Maluku, John Pieris menyatakan, kebebasan berpendapat yang menandai lahirnya era reformasi seringkali dimaknai bebas tanpa batas.

"Kesalahan pemahaman tersebut menyebabkan kendurnya nilai-nilai agama dan nilai-nilai keakraban sosial. Tentu saja, hal tersebut sangat mengkhawatirkan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya, di Saumlaki, Minggu.

Berangkat dari kondisi tersebut, kata John, DPD RI dan MPR RI gencar melakukan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan seperti yang saat ini dilakukannya bersama Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

"MPR RI sebagai lembaga legislatif negara terus berusaha menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan dan rasa nasionalisme sesuai semangat proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945. Salah satunya dengan terus mensosialisasikan Empat Pilar yakni Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NKRI 1945 sebagai Konstitusi Negara dan Ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara," katanya.

Sosialisasi tersebut melibatkan berbagai organisasi pemuda dan mahasiswa seperti PMKRI cabang Saumlaki, GMKI cabang MTB, Pemuda Katolik, Pemuda Pancasila, Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM), FKKPI, GAMKI, BEM STIESA, BEM STIAS, BEM STKIPS, dan BEM AKBID.

Menurut John, generasi muda pascareformasi perlu terus menerus diberikan pemahaman tentang Empat Pilar Kebangsaan agar dapat menghadapi berbagai tantangan masa depan dalam kehidupanberbangsa dan bernegara menuju cita-cita proklamasi.

"Tujuan sosialisasi ini adalah untuk menggali nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, agar dapat dipahami secara utuh, menyeluruh dan berkelanjutan. Kegiatan ini nantinya diharapkan bisa menjadi dasar dalam mewujudkan visi dan misi Indonesia ke depan lebih maju dan bermartabat," kata John, yang juga Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Kristen Indonesia tersebut.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI MTB, Christian Matrutty menyatakan bahwa urgensi sosialisasi pemahaman empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara itu terus dilakukan karena berbagai persoalan kebangsaan dan kenegaraan yang terjadi di Indonesia saat ini disebabkan oleh sikap apatis oknum-oknum tertentu yang sengaja mengabaikan dan lalai dalam pengimplementasikan empat pilar itu.

"Dengan pengamalan prinsip empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, maka kita yakin bangsa Indonesia akan mampu mewujudkan dirinya sebagai bangsa yang makmur, sejahtera dan bermartabat," katanya.


Penghijauan

John Pieris berada di Saumlaki selain untuk keperluan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan juga melakukan penanaman pohon di lingkungan tiga kampus milik Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RLS).
 
Anggota DPD RI Dapil Maluku, John Pieris melakukan penanaman pohon di halaman Kampus Yayasan Pendidikan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki, Maluku Tenggara Barat. (Simon Lolonlun)

Gerakan menanam pohon dilakukan pada Sabtu oleh John bersama Ketua YPT-RLS, Polikarpus Lalamafu, Ketua STIESA (Rosina Terry), Ketua STIAS (Amtai Alaslan), Ketua STKIPS (Thomas Kundre), Ketua DPD KNPI MTB (Christian Maatruty), Ketua Presidium PMKRI Cabang Saumlaki (Yonas Batlyol), Ketua GMKI Cabang MTB (Marthen Fariman), Ketua GAMKI, dan Ketua AMGPM.

Menurut John, kampus harus dihijaukan supaya menjaga keaslian lingkungan yang sejuk, sehingga suasana itu membangkitkan semangat bagi para penuntut ilmu untuk belajar dengan lebih baik lagi.

Ia mengaku sudah melakukan kegiatan serupa di sejumlah daerah di Maluku.

"Kegiatan menanam pohon ini bentuk dorongan bagi masyarakat untuk ikut melakukan penghijauan, karena sesungguhnya pohon memiliki banyak manfaat bagi manusia, seperti oksigen, menampung air yang merupakan sumber kehidupan, dan dapat diambil buah, daun maupun batangnya," katanya.

John juga berjanji menyediakan puluhan anakan pohon mahoni yang akan ditanam di lokasi Kampus Lelemuku seluas 3 hektare itu.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyerahkan bantuan puluhan sak semen bagi penyelesaian pembangunan pagar kampus Lelemuku.

Ketua YPT-RLS, Polikarpus Lalamafu mengucapkan terima kasih kepada John Pieris dan berharap perhatian dari anggota DPD RI itu pada waktu mendatang semakin ditingkatkan.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018