Ternate, 21/3 (Antaranews Maluku) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) mengapresiasi upaya Pemkot Ternate dalam mencegah peredaran narkoba, dengan melakukan sinergitas instansi Pemerintah dengan BNNP Malut.

"Kehadiran perwakilan ASN dari tujuh instansi pemerintah di lingkungan Pemkot Ternate dalam sosialisasi P4GN ini sebagai bukti komitmen pemerintah daerah," kata Kepala Perwakilan BNNP Malut, Brigjen Pol Benny Gunawan di Ternate, Selasa.

Kepala BNNP Malut pada kesempatan tersebut juga menyampaikan generasi muda yang akan datang adalah tanggung jawab kita bersama, melihat kondisi Indonesia sangat rawan peredaran Gelap narkoba apalagi jika sudah mencoba maka akan ketagihan dan ini dilihat para bandar sebagai sasaran empuk untuk menjadi target pasar mereka.

Selain itu, kepada ASN yang hadir diharapkan memiliki kemampuan antara lain komunikatif dan mampu melakukan pendekatan persuasif sehingga bisa mensosialisasikan informasi P4GN.

Selain itu, diharapkan mereka tidak merokok karena merupakan pintu masuk penyalahgunaan narkoba.

Para ASN itu nantinyadilatih oleh BNNP Malut.

Benny mengatakan, BNNP berkewajiban melakukan supervisi seberapa besar upaya P4GN dilakukan dan pencapaiannya di instansi pemerintah seperti Dikbud, DPKAD, Dispenda, Dinas PU, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian dan Dinkes Pelabuhan Kota Ternate.

Salah satu indikator komitmennya antara lain terpasangnya spanduk P4GN di masing-masing intansi serta pelaksanaan tes urine.

Kepala BNNP Malut menyampaikan apresiasi atas komitmen dan kinerja Pemerintah Kota Ternate yang peduli terhadap upaya P4GN dengan mengeluarkan Peraturan Daerah nomor 11 tahun 2017 tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika dan Psikotropika dan meluncurkan materi P4GN yang terintegrasi dengan kurikulum sekolah.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018