Ternate, 2/4 (Antaranews Maluku) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) mengantisipasi adanya bencana longsor dengan memetakan daerah rawan banjir akibat tingginya curah hujan dalam tiga hari tekahir.

"Untuk daerah rawan banjir telah disediakan posko bagi para korban yang terkena musibah tanah longsor," kata Kepala BPBD Kabupaten Halbar, Imran Lolori di Ternate, Senin.

Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan berbagai kebutuhan bagi korban banjir di tiga desa Kabupaten Halmahera Barat itu dengan sediakan tikar dan berbagai kebutuhan makan ringan.

Sebelumnya, sejumlah Komunitas menyalurkan bantuan untuk korban longsor di Desa Bukubalawa Kecamatan Jailolo.

Koordinator Baikers Chepax`s Halbar Nolly Missy mengatakan kegiatan ini adalah bentuk kepedulian terhadap sesama dalam rangka turut meringankan beban para korban yang terkena bencana.

Pada kegiatan peduli kali ini Baikers Chepax`s Halbar memberikan bantuan berupa sambako yang diantarkan langsung ke lokasi bencana di Desa Bukubulawa.

Bahkan, tim yang tiba dititik bencana pada sore hari langsung menyerahkan bantuan tersebut yang diterima oleh Babinsa Bukubulawa secara simbolis untuk diteruskan ke masyarakat yang terkenabencana tanah lonsor.

Kades Bukubualawa, Hatta Syawal usai menerima bantuan, menyampaikan terima kasih kepada Komunitas Baikers Chepax`s Halbar atas kepedulian dengan memberikan bantuan kepada warganya yang terkena musibah banjir itu dan semoga bantuan yang telah diberikan bisa membawa berkah.

Hatta Syawal juga mengapresiasi dukungan Dandim 1501/Ternate dan seluruh Prajurit Koramil 03/Jailolo yang sangat peduli dan perhatian terhadap bencana yang kami alami mulai dari awal sampai sekarang ini.

"Kami juga sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan Kodim 1501/Ternate lewat Koramil 03/Jailolo baik materil maupun tenaganya karena sudah beberapa hari ini bapak TNI dari Koramil Jailolo siang malam berada bersama kami untuk membantu kami yang terkena musibah," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018