Ambon, 6/4 (Antaranews Maluku) - Para prajurit yang tergabung dalam Satgas Opster TNI "Kalwedo" membangun jalan rabat sepanjang 500 meter dan lebar 2,5 meter di Desa Lebelau, kabupaten Maluku Barat Daya.

Siaran pers Penerangan Kodam XVI/Pattimura yang diterima Antara di Ambon, Jumat, menyatakan, kegiatan itu dilaksanakan secara gotong royong bersama warga masyarakat setempat.

Selain pembangunan jalan di Desa Lebelau, Satgas Opster TNI "Kalwedo" juga membangun talud penahan tanah sepanjang 50 meter dan lebar 2 meter di Desa Purpura, Kecamatan Kisar Utara.

"Seluruh kegiatan fisik di dua kecamatan yakni Kisar Utara dan Pulau-Pulau Terselatan telah dikerjakan sesuai rencana, dan pengerjaannya melibatkan masyarakat sekitar sebagai wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat," kata DanSSK Satgas Opster Kalwedo, Mayor Inf. Bakhri.

?Kegiatan Operasi Kalwedo di MBD meliputi kegiatan fisik dan non fisik.

Kegiatan fisik dilaksanakan di beberapa wilayah, di antaranya Kecamatan Kisar Utara meliputi pembangunan Jalan Rabat sepanjang 500 meter dan lebar 2,5 meter di Desa Lebelau, pembangunan kantor Desa,? pembangunan WC 20 buah dan pembangunan Talud penahan tanah sepanjang 50 meter dengan lebar 2 meter di Desa Purpura.
 
Prajurit Opster TNI Kalwedo bangun talud penahan tanah di Desa Purpura, Maluku Barat Daya (Pendam 16)

Di desa Nomaha juga akan dilaksanakan pembuatan gorong-gorong atau saluran air sisi kanan dan pembangunan Jalan Setapak atau Rabat dengan panjang 600 meter dan lebar 2,5 meter.

Di wilayah kecamatan Pulau-Pulau Terselatan, kegiatan berupa rehab rumah tidak layak huni sebanyak 19 unit dan pembangunan rumah baru di Desa Kotalama, pembangunan pagar rumah pastori dengan panjang 80 meter dan pembangunan 6 buah bak penampungan air di Desa Abusur.

Selanjutnya, rehab kantor Desa Oirata Barat, Rehab 3 buah rumah rakyat lengkap dengan MCK di Desa Oirata Timur, Pembangunan Bak 20 buah dan pembangunan rumah 12 unit di Desa Lekloor, serta pembangunan 30 unit rumah rakyat di Desa Wonrelli.?

Keseluruhan baik kegiatan fisik maupun non fisik dijadwalkan pelaksanaannya sesuai dengan rencana, mulai 3 April sampai dengan 11 Juni 2018.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018