Ternate, 20/4 (Antaranews Maluku) - Sebanyak 150 personel kepolisian Polres Ternate, Maluku Utara (Malut) diterjunkan ke Lelong Kampung Makassar Timur, untuk membersihkan sisa-sisa kebakaran yang menghanguskan 40 unit rumah di permukiman tersebut.

"Kami kerja gotong royong bersama masyarakat untuk membersihkan seluruh puing-puing rumah yang terbakar," kata Kapolres Ternate, AKBP Azhari Juanda di Ternate, Jumat.

Selain itu, kata dia, Pemkot Ternate juga memberikan bantuan sejumlah fasilitas untuk mengangkat dan membersihkan bekas kayu-kayu yang tidak digunakan lagi, kemudian dibuang di TPA di Kelurahan Sulamadaha.

Akibat dari kebakaran itu, saat ini Pemkot Ternate telah menyiapkan posko sementara bagi warga yang terkena dampak dari kebakaran.

Kawasan padat penduduk di Kawasan Makassar Timur menjadi langganan kebakaran, bahkan sudah tiga kali dalam lima tahun terakhir terjadi kebakaran di kawasan tersebut dan kebakaran itu karena konsleting listrik.

Sementara itu, Sekkot Ternate, Tauhid Soleman ketika dikonfirmasi menyatakan, Pemkot Ternate rencananya akan membangun kembali rumah milik warga yang menjadi korban kebakaran tersebut.

Oleh karena itu, kata Tauhid, Pemkot Ternate akan membantu memenuhi kebutuhan korban kebakaran di Kampung Makassar Timur berupa menyediaan setelah menetapkan tanggap darurat.

Pihaknya juga akan mendata semua korban kebakaran Kampung Makassar Timur itu mulai dari data rumah agar penyaluran bantuan bisa disalurkan ke yang berhak untuk menerimanya.

"Kami telah meminta aparat kelurahan dan petugas BPBD serta instansi terkait lainnya di Kota Ternate untuk menangani para korban kebakaran tersebut, salah satunya dengan menyediakan barak bagi korban tersebut," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018