Ternate, 22/4 (Antaranews Maluku) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) meminta agar seluruh manajemen perhotelan di daerah itu membenahi pelayanan dan fasilitas untuk mendukung Ternate sebagai tuan rumah Hari Olah Raga Nasional (Haornas).

"Kami akan ajak seluruh manajemen hotel bicarakan terkait dengan fasilitas dan pembenahan dalam pelayanan bagi tamu yang akan hadir di Haornas nanti," kata Kadis Pariwisata Kota Ternate, Samin Marsaoly di Ternate, Minggu.

Penetapan kota Ternate sebagai tuan rumah Haornas ke-35, merupakan yang pertama Indonesia Timur sebagi tuan rumah dan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Dia menyatakan, pelaksanaan Haornas ke-35 yang akan dilaksanakan pada 9 September 2018 mendatang, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan Kemenpora dan Pemkot Ternate suda menerima surat penetapan Ternate sebagai tuan rumah.

"Penetapan Ternate sebagai tuan rumah ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, karena Haornas ke-35 ini baru pertama kali dilaksanakan di luar pulau Jawa, dan Indonesia Timur yang ambil alih peran ini sehingga ada hal penting yang akan dilaksanakan oleh Kementerian," katanya.

Menurut Kadispar, manajemen hotel harus menerapkan standar pelayanan, karena undangan dan peserta yang hadiri dari seluruh provinsi di Indonesia, sehingga kalau pelayanannya tidak baik pasti merusak nama baik daerah ini.

Dia mengingatkan kepada pengelola hotel untuk perpanjang izin usahanya dan berbagai fasilitas harus disiapkan, karena kehadiran tamu dan undangan ke Ternate akan berdampak positif bagi perekonomian di daerah ini.

Sebelumnya, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate, akan membenahi berbagai sarana infrastruktur untuk mendukung Ternate sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Hari Olah Raga Nasional (Haornas).

Kadispora Kota Ternate, Sukarjan Hirto ketika dihubungi secara terpisah sebelumnya menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk fasilitasi dan untuk lapangan yang menjadi titik pusat yaitu lapangan Gelora Kieraha dan Lapangan Ngaralamo Salero.

Sebab, dengan penetapan Ternate sebagai tuan rumah ini harus ditunjang oleh sarana dan pra sarana, kemudian infrastruktur terutama adalah perhotelan, karena Haornas ini akan dihadiri sekitar 30 ribu tamu.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018