Ternate, 30/4 (Antaranews Maluku) - Sebanyak 954 atlet Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (Popda) ke-IX dari 10 kabupaten/kota di Maluku Utara (Malut) akan mengikuti delapan cabang olah raga (cabor) yang dipertandingkan.

"Popda yang berlangsung di Kota Ternate ini akan berlangsung mulai 30 April hingga 7 Mei 2018," kata Ketua Panitia Popda ke-IX Kalbi Rasyid usai pembukaan Polda yang berlangsung di Gelora Kieraha Ternate, Senin.

Menurut dia, peserta siswa asal kabupaten/kota jumlah 954 atlet dgn 375 official jumlah 1329 cabor atletik, sepak bola, pencak silat, tinju, bulutangkis, tenis, tenis meja dan bola voli.

Dia mengatakan, kegiatan yang menghabiskan dana sebesar Rp2 miliar melalui dana APBD tahun 2018 ini dipusatkan di lapangan Gelora Kieraha Ternate untuk cabang sepakbola, atletik.

Sedangkan cabor lainnya seperti bola voli akan dipusatkan di lapangan Hale Sigi Kalumpang dan tinju di kawasan Stadion Ternate.

Selain itu, kata Kalbi, agenda 2 tahunan digelar Dispora Malut ini bertujuan sarana evaluasi bagi olahraga, memacu partisipasi insan olahraga, sarana pemanduan bakat, pemersatu, persiapan tim Popwil Malut 2018 di Sulteng, optimalisasi pembibitan olahraga daerah menuju ke iven nasional maupun internasional.

Sementara itu, Gubernur Malut diwakili Staf Ahli bidang SDM dan Pemasyarakatan Pemprov Malut Nurhayati Amien dalam sambutannya menyatakan, Popda ini ini merupakan ajang meraih prestasi bagi pelajar, pembinaan dan pengembangam olahraga merupakan bagian integral dalam membentuk watak, disiplin dan prestasi guna mengharumkan nama baik, daerah di ajang nasional maupun internasional.

"Popda ini bisa melahirkan atlit berprestasi, Popda dapat membina potensi pelajar dan bisa berkiprah hingga ke iven nasional, tentunya kabupaten/kota miliki olahraga unggulan, harusny ada reward berupa pemberian beasiswa, nilai akademik sebagai bentuk perhatian pemda kabupaten/kota kepada atlit berprestasi," katanya.

Pembukaan yang disaksikan ratusan penonton ini dimeriahkan dengan tarian konfigurasi melibatkan 200 penari dilanjutkan dengan laga perdana sepakbola untuk U-17 tahun antara tim tuan rumah Kota Ternate menghadapi Kabupaten Halmahera Utara yang berakhir imbang 0-0.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018