Ternate, 6/5 (Antaranews Maluku) - Pasangan calon gubernur/wakil gubernur Maluku Utara (Malut), Burhan Abdurahman/Ishak Djamaluddin (Burhan/Jadi) berjanji membenahi tata kelola pemerintahan dan keuangan yang amburadul, jika mereka menang pada Pilkada 27 Juni 2018.

"Tentunya kalau rakyat Malut memberi kepercayaan, langkah awal yakni membenahi tata kelola pemerintahan, keuangan daerah, pendidikan dan kesehatan, karena Pemprov Malut saat ini dalam kondisi yang kritis dan memiliki banyak hutang ke pihak ketiga, tentunya akan menghambat proses pembangunan di Malut," kata Burhan Abdurahman dalam kampanye akbar yang berlangsung di lapangan Perikanan Bastiong Ternate, Minggu.

Dia menyatakan, prihatin dengan kondisi Malut mulai dari pembenahan infrastruktur yang belum merata hingga sarana pendidikan belum memadai.

Sehingga, berbagai konsep telah disiapkan dalam rangka menciptakan kesejahtraan, apalagi provinsi sudah berumur 19 tahun, rakyat belum merasakan pembangunan secara merata.

"Oleh karena itu, program pendidikan akan fokuskan bagi pengembangan siswa berprestasi yang orang tuanya tidak mampu menjadi tanggung jawab Pemprov Malut," kata Burhan yang juga Wali Kota Ternate tersebut.

Dia menyatakan, hampir sebagian besar warga di Malut tinggal di Ternate, sehingga kalau rakyat Malut memberi kepercayaan untuk memimpin daerah ini maka siap membangun provinsi bermartabat.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Malut, Hendrata Thes saat menyampaikan kampanyenya di hadapan ribuan massa pendukung Burhan-Jadi meminta agar warga Ternate memberi kepercayaan ke pasangan ini untuk memimpin Malut.

"Saya ingin warga Ternate mendukung pasangan Burhan-Jadi, karena telah membuktikan selama dua periode pimpin Ternate, banyak berubahan telah dilakukan mulai dari infrastruktur hingga pendidikan dan kesehatan," kata Hendrata yang juga Bupati Kepulauan Sula tersebut.

Oleh karena itu,dirinya meminta agar warga Ternate berkomitmen memenangkan pasangan Burhan-Jadi, sebab tidak ada gunanya kalau pasangan ini menang di Kabupaten Kepulauan Sula, tetapi di Kota Ternate tidak menang.

Sebelumnya, pasangan Burhan-Jadi telah bersiraturahmi dengan keluarga Ikatan Keluarga Tidore (IKT), yang ada di Kepulauan dan berbagai kabupaten lainnya di Malut dengan mengunjugi pembangunan rumah yang telah dibangun.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018