Ternate, 27/6 (Antaranews Maluku) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara menyatakan, masyarakat bisa memantau langsung hasil perolehan suara Pilgub melalui proses hitung cepat (quick count) versi lima lembaga survei di stasiun televisi nasional.

"Bahkan, untuk perolehan manual versi KPU atau `real count`, juga bisa dipantau via website KPU," kata Ketua KPU Maluku Utara (Malut), Syahrani Somadayo di Ternate, Rabu.

Dia mengatakan, ada lima lembaga survei yang menyampaikan surat ke KPU Malut untuk melakukan survei dan quick count saat penghitungan suara pilkada dan hasilnya langsung ditayangkan di stasiun televisi.

"Kelima lembaga survei ini telah mengajukan maksud permohonan ke KPU Malut dalam rangka melaksanakan survei dan hitung cepat perolehan suara pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Maluku Utara,? ujar Pudja.

Sehingga masyarakat bisa memantau langsung hasil Pilgub versi lembaga survei berdasarkan quick count (hitung cepat).

?Selain quick count, kata Syahrani, yang akan dilakukan lima lembaga survei,? KPU juga melakukan real count di kantor KPU, karena banyak C-1 yang sudah discan akan muncul di layar.

Hasilnya bisa dilihat langsung di layar yang disiapkan KPU dan bisa mengakses di website KPU.

Sementara anggota KPU Malut, Pudja Sutamat menambahkan,?kelima lembaga survei itu adalah Indo Barometer, Konsultan Citra Indonesia (KCI) dan Syaiful Research And Consulting (SMRC).

Dua lainnya yakni Indikator Politik Indonesia dan Kelompok Diskusi dan kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi).

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar proses pilkada di Malut bisa berlangsung demokratis, aman dan damai sehingga bisa melahirkan pemimpin yang berkualitas sesuai amanah rakyat.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018