Ternate, 13/7 (Antaranews Maluku) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara, mempersiapkan pemberangkatan jamaah calon haji (CJH) asal daerah itu sebanyak 194 orang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halsel, Hasyim Hi Hamzah dalam siaran pers yang diterima Antara, Jumat, mengatakan kuota haji pada tahun 2018 untuk Kabupaten Halsel sebanyak 194 orang.

"Untuk persiapan dari segi kesehatan, yaitu pemberian vaksin meningitis sudah dituntaskan hanya menunggu suntikan probio yang akan dilakukan pada 19 Juli 2018 sekaligus pembagian kartu kesehatan untuk para calon haji yang pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan secara elektronik," katanya.

Menurut Hasyim, JCH ini akan dipimpin oleh 4 ketua rombongan dengan ketua regu sebanyak 18 orang. Setiap ketua rombongan itu memimpin 4 ketua regu dan setiap regu memimpin 11 calon haji.

"Sesuai dengan jadwal keberangkatan calon haji Embarkasi Makasar, khususnya untuk Maluku Utara terdiri dari 3 kelompok terbang (kloter) yaitu 2 kloter murni dan 1 kloter campuran," katanya.

Dua kloter murni, yaitu kloter 7 yang terdiri dari gabungan calon haji di Kota Ternate, Tidore Kepulauan dan Halmahera Timur yang berjumlah 450 jamaah. Sedangkan kloter 8 terdiri dari jamaah calon haji Halsel, Halbar, Halteng dan Kepulauan Sula sebanyak 450 jamaah, serta kloter 9 yaitu gabungan Kabupaten Morotai, Taliabu yang bergabung dengan satu kabupaten di Sulawesi Selatan," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk pelepasan JCH Halsel oleh Bupati Halsel pada 20 Juli 2018 di Pelabuhan Babang, Kecamatan Bacan Timur.

JCH Kloter 7 dari Ternate menuju Embarkasi Makasar akan dilepas oleh Gubernur Maluku Utara pada tanggal 20 Juli 2018 sedangkan kloter 8 dilepas pada tanggal 21 Juli 2018. Untuk keberangkatan menuju Madinah akan dilakukan pada 22 Juli 2018.

Sekretaris Daerah Kabupaten Halses, Helmi Surya Botutihe berharap berharap puncak pelaksanaan kegiatan pelepasan JCH dapat berjalan dengan baik.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018