Ternate, 14/7 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut) mengingatkan agar tenaga pendamping dapat memberikan pelayanan terbaik bagi 38 JCH asal Kabupaten itu.

Plt Sekkab Pulau Taliabu DR Salim Ganiru, saat melepas JCH di aula Kantor bupati, Sabtu, mengatakan, ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima dan diwajibkan bagi setiap Muslim yang berkemampuan melaksanakannya.

Namun demikian, serangkaian ibadah haji yang selalu didambadambakan oleh setiap muslim ini hendaknya dilaksanakan tidak hanya untuk menunaikan kewajiban saja, tetapi juga yang terpenting adalah untuk bisa mencapai haji yang mabrur.

"Haji yang mabrur dapat terlihat dari berbagai tanda, salah satu di antaranya yaitu adanya perubahan dan peningkatan pada diri pribadi setelah berhaji, yakni menjadi manusia yang lebih baik dan lebih bertakwa," ujarnya.

Salim mengungkapkan rasa syukur atas ibadah haji yang diikuti oleh 38 orang yang berasal dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Pulau Taliabu.

Dia berpesan agar seluruh JCH, khususnya JCH senantiasa menjaga kesehatan serta keselamatan selama menjalankan rangkaian ibadah haji.

"Melalui kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan selamat kepada bapak-ibu yang telah diberikan kesempatan oleh allah swt untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini dan saya berpesan kepada JCH sekalian, agar selalu menjaga kesehatan, serta keselamatan terutama selama berada di tanah suci nanti," ujar Sekkab.

Dia berharap JCH dapat mendoakan Kabupaten Pulau Taliabu dan mereka yang berjasa terhadap Pulau Taliabu untuk terhindar dari mara bahaya di Tanah Suci, Mekkah Al-Mukarromah agar selalu aman, damai, maju serta terhindar dari bencana dan mara bahaya.

Selanjutnya kepada para pendamping, Salim berharap agar memberikan pelayanan yang baik kepada para CJH Pulau Taliabu dan uruslah para jemaah haji dengan sebaik-baiknya karena ini adalah amanah yang dipercayakan oleh negara.

Sementara itu, Kementerian Agama Kabupaten Pulau Taliabu, La Sengka La Dadu, mengingatkan agar para CJH tetap mengkondisikan diri untuk meningkatkan kesabaran dan menata niat secara tulus untuk mengharapkan Ridho Allah.

"Disiplin dalam mengatur waktu dan yang terpenting jaga kesehatan agar kesempurnaan pelaksanaan ibadah haji tetap terjaga," kata Kemenag, seraya meningatkan kondisi iklim kita dengan di Arab Saudi beda, makanya perlu jadi Perhatian agar tetap dalam kondisi prima selama menjalankan ibadah haji.

Ketua Panitia Keberangkatan JCH Pulau Taliabu, Mansuh Mudo mengaku bahwa mereka akan dipondokkan di asrama haji Ngade Ternate dan akan bergabung dengan Kloter dari Pulau Morotai dan akan berangkat menuju embarkasi Makassar.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018