Ambon, 16/7 (Antaranews Maluku) - Harga ikan cakalang segar yang ditawarkan para pedagang di Kota Ambon cukup mahal walaupun harga ikan sembung lainnya seperti momar dan kawalinya sangat murah.

Hasil pantauan di pasar Mardika dan Batu merah, Senin, para pedagang ikan segar jenis cakalang masih mempertahankan harga yang bervariasi Rp35.000 hinggga Rp65.000 per ekor tergantung ukuran, bahkan ada yang berani menaikkan harga hingga Rp80.000 per ekor.

Sedangkan untuk jenis ikan sembung momar maupun kawalinya sekarang ini sangat murah, padagang mematok harga jauh di bawah harga yang ditawarkan selama ini.

"Ikan momar dan kawalinya lagi musim panen, jadi pasokan dari semua desa-desa nelayan di Pulau Ambon ke pasar Mardika dan Batumerah cukup banyak, bahkan dari pagi hingga siang masih saja mobil-mobil yang digunakan para nelayan untuk mengangkut hasil usahanya terus saja masuk ke pasar ikan Arumbai," kata Abdullah penadah di pasar ikan Mardika.

Kalau satu loyang yang besar inidi lepas bagi para pedagang ikan eceran berkisar antara Rp150.000 hingga Rp200.000 per loyang, itu berarti pedagang menjual dengan harga Rp10.000 per tumpuk (10 hingga 15 ekor ikan momar, ikan kawalinya dan ikan lema).

Najib, pedagang ikan momar dan kawalinya yang dikonfirmasi mengatakan, walaupun dijual murah tetapi ada sedikit keuntungan, hanya saja sejak minggu ini pedagang harus pandai-pandai berjualan sebab ada saja pedagang eceran yang berjualan memanfaatkan musim panen ikan.

"Mereka juga mencari kesempatan untuk mendapatkan sedikit rejeki dari hasil penjualan ikan," katanya.

Ini kesempatan memang, hanya saja sistem penjualan seperti orang beributan menjemput para warga yang datang berbelanja.

Lusiana, ibu rumah tangga yang bermukim di kawasan manggadua mengatakan, ini kesempatan untuk membeli ikan momar atau kawalinya yang banyak dan bisa memilih ukuran kecil atau besar.

"Saya sudah beli yang ukuran besar ini yakni ikan momar Rp10.000 per 12 ekor, dan ikan kawalinya dengan harga Rp10.000 per tujuh ekor, yang ukuran besar ini untuk dibakar.

"Sekali-kali makan ikan bakar dulu, jangan terlalu masakan yang lain, hari ini mau makan ikan bara dulu," ujarnya.

Murahnya ikan sembung di pasar tidak mempengaruhi harga telur ayam ras yang tetap terbilang tinggi yakni Rp1.900 per butir, telur ayam kampung Rp3.000 per butir, daging sapi segar Rp100.000 per kilogram, dan daging ayam beku yang selama ini didatangkan dari Surabaya Rp39.000 per kilogram.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018