Ambon, 28/7 (Antaranews Maluku) - Ratusan peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Kota Ambon menyemarakkan senam sehat kolosal menyambut Asian Games XVIII dan HUT ke-50 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, di lapangan Merdeka Ambon, Sabtu.

Kegiatan yang dikoordinasi BPJS Kesehatan itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kota Ambon A.G Latuheru dan ditandai dengan melepas balon ke udara.

"Dalam perkembangannya masyarakat perkotaan punya banyak pikiran dan aktivitas, dan salah satu yang dipikirkan adalah bagaimana bisa hidup 1000 tahun lagi. Kalau ditanya sudah pasti saya juga akan menjawab ya," kata A.G Latuheru dalam sambutan pembukaan senam sehat massal di Ambon, Maluku.

Menurut dia, kesehatan jauh lebih mahal daripada harta yang dimiliki. Berapa banyak harta dalam bentuk apapun tidak sebanding dengan kesehatan karena nilainya lebih besar.

"Jika kita sakit, apa yang ada di rumah tidak punya arti apa-apa, harta kita timbun sebanyak mungkin, tetapi kalau kita sakit semuanya tidak bisa kita manfaatkan," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, semua harus menjaga kesehatan sejak dini, sebab menjaga kesehatan itu jauh lebih susah. "Karena itu saya imbau apa yang dilaksanakan BPJS Kesehatan ini mestinya harus kita sebarkan kepada seluruh anggota keluarga," katanya.

Jika itu bisa dilakukan, katanya, semua turut membantu program BPJS Kesehatan, gotong royong saling menolong. Kalau banyak yang sehat, BPJS Kesehatan aman, dan sebaliknya, kalau banyak yang sakit, BPJS Kesehatan juga menjadi susah.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Ambon Alfiana mengatakan hidup sehat itu mudah dan murah. Hal ini terus digaungkan oleh BPJS Kesehatan?untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat modern.

"Dalam rangka menyambut Asian Games XVIII sekaligus merayakan HUT ke-50 BPJS Kesehatan, kami menyelenggarakan senam sehat kolosal 18.8.18 peserta JKN-KIS," ujarnya.

Melalui kegiatan ini, katanya, BPJS Kesehatan ingin memromosikan? betapa murahnya dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. "Cukup dengan senam rutin setiap pagi, kita sudah bisa meningkatkan kebugaran dan sistem imun kita, sehingga tidak mudah sakit," ucapnya.

Dia mengatakan sampai 20 Juli 2018, ada 199,8 juta jiwa penduduk Indonesia yang telah menjadi peserta JKN-KIS. Dalam memberikan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan 22.322 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), 2.406 rumah sakit dan klinik utama, 1.599 apotek, dan 1.078 optik.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018