Ambon, 28/7 (Antaranews Maluku) - Harga bawang yang ditawarkan pedagang di pasar tradisional Kota Ambon, kini mulai bergerak turun.

Hasil pantauan di Pasar Mardika dan Batu Merah, Sabtu, para pedagang mematok harga bawang putih maupun bawang merah rata-rata Rp32.000/kg atau turun dari sebelumnya Rp35.000.

Majia, pedagang di Pasar Mardika mengatakan harga bawang sekarang lagi turun di tingkat agen pemasok, karena itu kami juga menurunkan harga eceran di pasar.

"Memang ada beberapa teman yang masih mempertahankan harga jual Rp34.000/kg baik bawang putih maupun bawang merah, hal ini disebabkan mereka masih memiliki stok yang lama," ujarnya.

Dia mengatakan kemarin membeli dari agen bawang putih maupun merah dengan harga Rp23.000/kg, masih kotor setelah dibersihkan dijual dengan harga Rp32.000/kg, eceran Rp5.000/bungkus kecil.

Merry, pembeli yang ditemui di depan pintu masuk Pasar Mardika mengatakan harga bawang setiap saat terjadi perubahan, tetapi saat ini masih bagus, sebab harga bawang merah maupun putih sama saja yakni Rp32.000/kg.

"Memang ada di beberapa tempat yang masih menjual dengan harga Rp33.000 hingga Rp34.000/kg," ujarnya.

Jadi agak lumayan, terutama bawang merah yang harganya selalu mahal, sekarang harganya masih sama dengan bawang putih.

Sedangkan bumbu masak lain seperti cabai keriting panjang harga masih tetap bertahan yakni Rp50.000/kg, cabai rawit Rp45.000 dan cabai merah biasa Rp40.000/kg, dan harga cabai keriting eceran Rp5.000/tmpuk, cabai rawit Rp5.000/cupa (ukuran satu kaleng susu kental manis cap nona).

Rustam pedagang cabai yang dikonfirmasi mengatakan masih lumayan, harga cabai keriting maupun cabai rawit yang dipatok para pedagang, sebab semuanya merupakan produksi lokal, jadi stok tetap ada untuk mengisi permintaan pasar.

Sedangkan bumbu masak lain seperti jahe, lengkuas, kunyit harga rata-rata Rp5.000/ikat kecil.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018