Ambon, 9/8 (Antaranews Maluku) - Petugas kantor Basarnas Ambon mengevakuasi Ny. Jesse (60), seorang warga Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon yang mengalami luka-luka terkena matrial bangunan yang jatuh akibat tertimpa pohon tumbang pada Kamis(9/8) pagi.

"Musibah ini terjadi akibat cuaca buruk dengan intensitas hujan yang lebat mengakibatkan pohon tumbang dan menindih rumah warga hingga bagian atapnya rusak," kata Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin di Ambon, Kamis.

Pengerahan petugas penyelamat ke lokasi kejadian dilakukan setelah pihaknya menerima laporan masyarakat sekitar pukul 08.00 WIT.

Sedangkan lokasi kejadian pohon tumbang dan menimpa rumah warga hingga menyebabkan satu orang terluka ini terletak sekitar satu kilo meter arah Timur kantor Basarnas Ambon di Desa Hative Besar.
 
Tim Basarnas mengevakuasi seorang warga yang tertimpa reruntuhan bangunan akibat pohon tumbang di Hative Besar, Kota Ambon, Maluku (Daniel Leonard)

Evakuasi ini dilakukan setelah regu penyelamat yang dibantu masyarakat setempat berusaha memotong dahan dan ranting pohon yang menindih rumah milik korban.

"Tim rescue Kantor SAR Ambon kemudian membopong korban ke puskesmas terdekat untuk memeriksa kondisi Ny. Jesse, sedangkan lima orang lainnya yang merupakan anggota keluarga korban tidak mengalami luka-luka," kata Muslimin.

Namun, sebagian atap rumah korban mengalami kerusakan parah karena terlepas akibat tertimpa pohon.

Dia mengingatkan masyarakat yang sekitar rumah mereka terdapat pohon-pohon tinggi dan besar untuk selalu waspada, terutama di musim hujan dan angin.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018