Ambon, 15/8 (Antaranews Maluku) - Kepala Cabang PT Jasa Raharja Persero Maluku, Zet Toding mengatakan pihaknya akan membantu kegiatan bina lingkungan di Kota Tual dengan memberikan dana sebesar Rp635 juta.

"Dana tersebut akan diberikan pada saat Tim BUMN untuk negeri melaksanakan upacara bendera dalam rangka perayaan HUT Proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus di lapangan Perikanan Nusantara di Kota Tual," ujarnya.

Dana tersebut akan digunakan untuk pembuatan MCK umum Desa Fiditan Pantai dan Desa Fiditan Atas masing-masing sebesar Rp50 juta, pembuatan drainase Kelurahan Masrum  (Rp100 juta) bekerja sama dengan  Dinas PU.

Berikutnya, bantuan untuk Taman Baca STIA Darul Rachman sebesar Rp80 juta dalam bentuk meja dan kursi, pemasangan meteran listrik, dan pembangunan masjid.

Bantuan beasiswa bagi 5 siswa SD atas nama Erlin Waer, Jihan Arif Rumbowo, Ana Yuliana Welhelmina, Halima Lestoin, dan Wa Ode Ruslani, masing-masing Rp5 juta.

Beasiswa bagi 10 siswa SMP atas nama Fitria La Idi, Nani Torlain, Lisani Ruspassay, Izulhak Yamco, Rismawati F, Rachel A. Yamlaay, Sumarni Sangaji, Cahyani Eka Putri Piliang, Hartini Rahawarin, dan Sifa Azzahra, masing-masing Rp5 juta.

Bantuan juga diberikan untuk pembangunan bak penampung air bersih Desa Dullah Laut dan Pulau Ut masing-masing sebesar Rp50 juta, perbaikan prasarana SMP Negeri 3 Kota Tual sebesar Rp100 juta.

Pembuatan drainase Kelurahan Masrum sebesar Rp100 juta, kegiatan padat karya tunai Rp30 juta, bant

Zet mengatakan, pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2018 dan juga pemberian bantuan merupakan rangkaian dari kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang untuk Maluku dipercayakan pelaksanaanya oleh PT Jasa Raharja Persero Maluku, PT ASDP, dan Perikanan Nusantara.

"Jadi nanti upacara bendera 17 Agustus di lapangan Perikanan Nusantara di Kota Tual itu juga dihadiri siswa mengenal nusantara dari Provinsi Riau, sebaliknya siswa mengenal nusantara asal Maluku merayakan HUT 17 Agustus juga di Riau yang menurut rencana mereka akan berangkat menuju Riau pada tanggal 16 Agustus, sedangkan rombongan SMN dari Riau akan tiba di Ambon besok, hari Rabu (15/8)," ujarnya.

Seelain itu, pada tanggal 18 Agustus Tim SMN ini juga akan melakukan jalan sehat dimana start dan kembali finis di lapangan Noder El Kota Tual. Ini kegiatan ketiga selama berada di Kota Tual.

"Rencananya akan hadir Wali Kota Tual,dan Direktur Utama Jasa Raharja, Direktur PT ASDP, dan Direktur PT Perikanan Nusantara," katanya.

Ada juga kegiatan kuliner gratis meliputi makanan-makanan tradisional Maluku untuk masyarakat, kemudian pasar murah yang menyediakan 1.000 paket dengan nilai Rp100.000/paket tetapi di jual dengan harga Rp25.000/paket.

"Jadi kegiatan itu tidak putus, setelah jalan sehat dilanjutkan dengan penjualan paket murah, di samping itu ada lomba panjat tebing, lari sendok kelereng, tarik tambang, goyang balon," ujarnya.

Selain itu, ada juga pengobatan gratis bagi warga masyarakat di Kota Tual, baik yang ikut jalan sehat maupun yang tidak ikut.

Zet menambahkan, pada 18 Agustus sore hari para siswa SMN asal Provinsi Riau akan ikut bersama masyarakat di Kota Tual untuk melakukan bersih-bersih di pantai wisata pasir panjang.

"Setelah kegiatan di Tual, para siswa SMN dari Provinsi Riau ini langsung kembali ke Ambon dan menuju Dodik di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon)," ujarnya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018