Ternate, 14/8 (Antaranews Maluku) - Harga daging ayam potong di sentra Pasar Bahari Berkesan Ternate, Maluku Utara, sepekan sebelum lebaran Idul Adha masih normal, meskipun tingginya permintaan masyarakat untuk kebutuhan saat Lebaran nanti.

Kadis Perindag Kota Ternate, Nuryadin Rahman, di Ternate, Rabu, mengatakan normalnya daging ayam menjelang lebaran Idul Adha karena stok masih tersedia dan belum terjadi peningkatan pembelian.

Menurutnya, kenaikan harga daging ayam potong ini biasanya terjadi pada H+1 Idul Adha dari Rp35 ribu naik hingga Rp37 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk harga daging sapi belum mengalami kenaikan dan masih dari Rp110 ribu per kg, hanya ikan cakalang naik dari Rp40 ribu per ekor menjadi Rp60 ribu, menyusul cuaca ekstrem di perairan Malut dalam sepekan terakhir.

Oleh karena itu, Pemkot Ternate meminta kepada warga untuk lebih berhati-hati membeli daging ayam untuk kebutuhan Lebaran, guna menghindari adanya daging ayam maupun sapi mengandung formalin.

Untuk itu, dia meminta agar konsumen melaporkan kalau ditemukan ada daging yang diragukan dan membahayakan bagi kesehatan agar bisa dijadikan sampel untuk diperiksa.

Ketua Ikatan Sapi potong Kota Ternate (IPSAKEKA), Ibrahim Husen saat dikonfirmasi menyatakan harga daging sapi di Ternate masih normal dan belum mengalami lonjakan harga menjelang Idul Adha, meskipun permintaannya meningkat.

"Harga daging sapi tetap aman terkendali dengan harga normal Rp110.000 per kg dan dipastikan tidak ada kenaikan harga hingga pada Lebaran nanti," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018