Ambon, 16/8 (Antaranews Maluku) - Rombongan peserta kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2018 dari Provinsi Riau tiba di kota Ambon, ibu kota provinsi Maluku.

Sebanyak 23 siswa asal Riau tiba di Ambon untuk melakukan program "BUMN hadir untuk negeri" selama 15 - 25 Agustus.

Setelah tiba di Ambon, rombongan SMN kembali melanjutkan perjalanan ke kota Tual, Maluku Tenggara untuk melakukan kegiatan selama dua hari, kata Kepala Cabang Jasa Raharja Maluku, Zet Toding.

"Setelah tiba di bandara Pattimura Ambon, peserta hanya transit dan kembali melakukan penerbangan ke kota Tual pukul 16.00 WIT," katanya di Ambon, Kamis.

Menurut dia, siswa Riau akan mengikuti serangkaian kegiatan selama di kota Tual diantaranya pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2018 dan juga pemberian bantuan dari tiga BUMN yang menjadi koordinator pelaksanaan SMN di Maluku yakni, PT Jasa Raharja Persero, PT ASDP, dan PT Perikanan Nusantara.

Selain itu juga akan dilakukan jalan sehat bersama, dilanjutkan dengan penjualan paket murah, serta berbagai lomba.

Para siswa Provinsi Riau juga melakukan bersih di pantai wisata pasir panjang bersama warga kota Tual.

"Setelah kegiatan di Tual, keesokan harinya Sabtu (18/8) para siswa akan kembali ke Ambon dan menuju Dodik di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah" ujarnya.

Ia mengatakan, tiga BUMN juga akan menyerahkan bantuan kegiatan bina lingkungan untuk pembuatan MCK umum, drainase, bantuan untuk Taman Baca, pemasangan meteran listrik, dan pembangunan masjid.

Selain itu juga akan diserahkan bantuan beasiswa bagi siswa di kota Tual, serta bantuan perbaikan prasarana sekolah.

Zet menambahkan, program SMN bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan dan keanekaragaman budaya serta pontensi sumber daya alam kepada para siswa.

Program ini juga bermanfaat baik bagi peserta maupun daerah yang dikunjungi, karena selain mengenal budaya tetapi juga bentuk promosi Maluku dan provinsi Riau," tandasnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018