Tual, 17/8 (Antaranews Maluku) - Sejumlah Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) menggelar upacara bendera peringatan Kemerdekaan RI ke-73 di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Dumar Kota Tual, Jumat.

BUMN yang diberi amanah untuk pelaksanaannya adalah PT Jasa Raharja (Persero) bersinergi dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan PT Perikanan Nusantara (Persero).

Upacara dipimpin Direktur Manajemen Risiko dan Teknologi Informasi PT Jasa Raharja, Wahyu Wibowo dengan melibatkan peserta dari Kementerian BUMN, BUMN yang ada di Kota Tual, TNI/Polri, pelajar di Kota Tual, dan pelajar asal Provinsi Riau yang menjadi peserta Siswa Mengenal Nusantara(SMN).

Wahyu mengatakan, dasar pemilihan Kota Tual sebagai lokasi pelaksanaan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) pada 2018 yakni Tual tergolong dalam daerah terdepan, terluar, dan tertinggal(3T), serta upaya memromosikan pariwisata dan kearifan lokal daerah ini.

Program yang dilaksanakan BUMN di Maluku dan Tual khususnya yakni, program SMN, peringatan HUT RI pada 2018, di dalamnya meliputi upacara bendera, jalan sehat 5 km, bersih lingkungan, bantuan bina lingkungan, perlombaan rakyat, dan pasar murah.
 
Para siswa yang mengikuti Upacara Hari Kemerdekaan di Kota Tual, Jumat (17/8) (Siprianus Yanyaan)


Puji

Seorang peserta SMN asal Riau, Ika Ramadani memuji Tual sebagiai kota yang sangat bagus dengan pesona alamnya jarang ditemui di Riau.

Ia juga kagum pada penyambutan yang sangat ramah dari masyarakat Kota Tual.

"Memperingati HUT Kemerdekaan 17 Agustus di Tual merupakan pengalaman pertama saya, dan sangat terkesan melihat siswa-siswi di sini antusias dan semangat sekali mengikuti acara," katanya.

Febrian, juga peserta SMN dari Riau menambahkan, ketika tiba di Maluku dirinya sudah sangat terpukau dan lebih terpukau lagi ketika hadir di Kota Tual.

"Keindahan Kota Tual sudah terlihat sejak berada di dalam pesawat, dan saat mengunjungi beberapa objek wisata dan mengenal kebudayaan di sini menjadi pengalaman berharga bagi saya," katanya.

Febrian juga mengaku kagum pada keakraban?yang diberikan para pelajar? di Kota Tual.

"Kami dengan mudah berbaur dengan semangat yang sama besar dalam? memperingati hari kemerdekaan," katanya.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018