Ternate, 13/9 (Antaranews Maluku) - Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Ternate, Maluku Utara terus berupaya membantu pengembangan wisata selam di daerah ini agar bisa menjadi daya tarik wisata.

"Ternate memiliki potensi wisata selam yang sangat menarik, sehingga kalau semua pihak terlibat aktif dalam pengembangannya, pasti akan menarik minat wisatawan," kata Ketua Pengcab POSSI Ternate, Ruslan Biang di Ternate, Kamis.

Potensi wisata selam di Ternate tersebar di berbagai titik, di antaranya di perairan depan kawasan Taman Nukila, perairan Pantai Sulamadaha, perairan Pulau Hiri dan perairan Pulau Moti, yang kesemuanya selain menyajikan keindahan tertumbu karang juga aneka jenis ikan langka.

Menurut dia, kontribusi yang dilakukan POSSI Ternate dalam pengembangan wisata selam di daerah ini di antaranya menyediakan tenaga pemandu bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata selam serta mempromosikannya melalui jaringan yang dimiliki POSSI.

POSSI Ternate juga membantu memperkenalkan wisata selam kepada masyarakat setempat, baik dalam penggunaan peralatan untuk menyelam maupun berbagai pengetahuan lainnya terkait dengan aktivitas menyelam dibawa laut, seperti mengenai arus dan cara menghadapi ancam dari ikan ganas.

POSSI Ternate, kata Ruslan Biang, juga akan menjaling kerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan setempat dalam pemberdayaan nelayan serta pengembangan potensi di daerah pesisir, misalnya potensi budi daya ikan dan rumput laut.

Pelestarian lingkungan laut dan daerah pesisir juga menjadi perhatian serius dari POSSI Ternate, dengan cara aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan laut dan daerah pesisir.

"Sosialisasi itu akan dibarengi dengan aksi nyata dilapangan, misalnya melakukan transpalasi tertumbu karang pada kawasan tertumbu karang yang telah rusak dan kegiatan bersih laut," katanya.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018