Langgur, 19/9 (Antaranews Maluku) - Dalam rangka pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019, Kepolisian Resor Maluku Tenggara (Polres Malra) melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Siwalima 2018.

Pantauan Antara, gelar pasukan itu dilaksanakan di lapangan Polres Malra dan dipimpin oleh Wakil Kepala Polisi Resor Malra (Waka Polres) Kombes Pol. Denny Ubro, Rabu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1503 Malra Letkol ARH Yoyo Karyo, Danlanud Dumatubun Letkol Pnb Sonny Irawan, Palaksa Letkol KH Hartono, dan undangan lainnya.

Apel gelar pasukan diisi 1 sst TNI AD Kodim 1503 Malra, 1 sst TNI AD Kompi 734 Ibra, 1 sst TNI AL Lanal Tual, 1 sst Brimob Den B Kompi c, 1 sst Dalmas Polres Malra, 1 sst Gabungan Staf Polres Malra, 1 sst Sat Lantas Polres Malra, 1 sst Res Intel Polres Malra, 1 sst Dishub Kab. Malra, 1 sst Sat Pol PP Kab. Malra, 1 sst Basarnas Kota Tual.

Kegiatan itu mengangkat tema "Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018 Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri yang kondusif.

Menurut Wakapolres, gelar pasukan merupakan kegiatan awal suatu operasi, sesuai Perkap nomor 09 tahun 2011 tentang menejemen operasi Kepolisian.

"Kita harus gelar pasukan, setelah itu besok pra ops yang dipimpin langsung oleh Kapolres, kemudian hari Jumat rakor. Rakor nantinya mengundang seluruh instansi terkait. di dalamnya ada Polri, TNI, Pemda Kota Kabupaten, KPU, Panwas," kata Denny.

Sasaran operasi akan berjalan sesuai dengan rencana yang dibuat oleh pihak Kepolisian. Operasi akan berlangsung cukup panjang.

"Waktu operasi ini sendiri berlangsung dari tanggal 20 Oktober 2018 hingga 21 Oktober 2019, artinya seluruh rangkaian harus berjalan sesuai dengan pentahapan yang kita siapkan," katanya.

Wakapolres menyatakan seluruh masyarakat Kota Tual maupun Kabupaten Malra diharapkan dapat membantu pihak TNI/Polri dan instansi terkait untuk mengamankan situasi Pemilu seperti yang sudah dilaksnakan pada Pilkada serentak 2018.

Apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2018 diakhiri dengan penyematan pita operasi kepada perwakilan pasukan.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018