Ternate, 28/9 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan mengubah rumah Dinas Wali Kota di kawasan Kalumata Puncak menjadi museum.

Wali Kota Burhan Abdurahman di Ternate, Kamis, menjelaskan, rumah dinasnya akan dibuat sebagai museum yang merupakan pusat penelitian budaya timur-barat.

Keberadaan museum tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat yang cinta akan ilmu pengetahun dan sejarah purbakala serta sebagai tempat menyimpan koleksi dan hasil penelitian budaya.

"Nantinya di dalam museum itu ada bermacam-macam hasil penelitian ," ujar Burhan.

Rencana pengalihan rumah dinas menjadi museum ini sudah dikoordinasikan bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate.

Baca juga: Ternate upayakan aset daerah jadi sumber PAD

"Itu hanya dialifungsikan saja, tapi masuk dalam aset pemerintah. Dan ini sudah berapa kali didiskusikan, jika sudah dapat persetujuan namanya, berarti tahun depan, kita ada rencana siap meresmikannyaa," katanya.

Menurut wali kota, di dalam museum itu akan dilengkapi dengan perpustakaan, juga tempat pemutaran film empat dimensi, ruang membaca, ruang diskusi, dan ruang peninggalan purbakala yang berkaiatan dengan Timur dan Barat , " katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018