Ambon, 3/10 (Antaranews Maluku) - PT Pertamina (Persero) menyerahkan bantuan renovasi rumah para veteran melalui program Bedah Rumah Veteran (BRV), sebagai bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri di Desa Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Penyerahan satu unit rumah veteran perang yang telah direnovasi dilakukan Branch Manager Maluku & Maluku Utara MOR VIII, Donny Brilianto, kepada Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto, di Ambon, Selasa.

Donny mengatakan, program BRV di Maluku dilaksanakan sebagai wujud komitmen Pertamina menyalurkan dana Bina Lingkungan (BL) sebagai tanggung jawab sosial perusahaan, yang fokus secara maksimal pada pembinaan masyarakat untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

"Sampai saat ini Pertamina telah merenovasi 137 rumah veteran yang tersebar di Pulau Ambon, Pulau Seram, dan Kota Tual," katanya.

Tujuan dari Program BRV, lanjut Donny,? untuk meningkatkan rasa penghargaan kepada para Pahlawan atas jasa-jasanya memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

Karena itu, Pertamina bekerjasama dengan Kodam XVI/Pattimura sebagai mitra pelaksana program di lapangan, mulai dari survey, verifikasi data, hingga tahap pembangunan atau renovasi rumah milik Veteran RI di Provinsi Maluku.

"Kita berharap dengan adanya program ini dapat menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air sekaligus memberikan apresiasi nyata terhadap para pejuang yang rela berkorban baik jiwa dan harta untuk kemerdekaan RI," ujar Donny.

Ia menambahkan, terlaksananya program ini tidak lepas dari kerjasama dengan Kodam XVI dan dukungan dari semua pihak, terutama Pemprov Maluku, Pemkot, Pemkab Maluku Tengah, dan Pemkot Tual.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayor Jenderal TNI Suko Pranoto menyatakan apresiasi kepada Pertamina atas terlaksananya program BRV di Maluku.

"Kami memberikan apresiasi kepada Pertamina sebagai BUMN yang telah memberikan perhatian kepada para veteran. Dengan total bantuan sebesar Rp 6 miliar lebih untuk merenovasi 137 rumah Veteran RI di Provinsi Maluku yang tersebar di Pulau Ambon, Pulau Seram, dan Kota Tual," kata pangdam.

Pelaksanaan program BRV sejak 2015 sampai dengan 2016 di 34 provinsi telah menyelesaikan renovasi sebanyak 2.433 rumah.

Data rumah yang telah diselesaikan pada 2017 sebanyak 1.644 unit di 23 provinsi dan terus bertambah hingga 2018. Pertamina terus menjalankan komitmen dalam pelaksanaan penyaluran dana Bina Lingkungan bidang Bantuan Sosial Kemasyarakatan melalui program BRV.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018