Ternate, 9/11 (Antaranews Maluku) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mengajak wisatawan dalam maupun luar negeri untuk menghabiskan waktu libur akhir tahun di Ternate.

"Berlibur di Ternate banyak hal menarik yang dapat dinikmati wisatawan, jadi wisatawan jangan ragu memanfaatkan libur akhir di daerah ini,"kata Kepala Disbudpar Ternate, Samin Marsaoly di Ternate, Jumat.

Ternate dengan penduduk 200 ribu jiwa lebih adalah kota yang aman, nyaman dan memiliki beragam objek wisata menarik, baik wisata peninggalan sejarah, wisata bahari maupun wisata alam.

Menurut dia, untuk peninggalan sejarah, selain yang terkait dengan Kesultanan Ternate, juga berupa benteng peninggalan bangsa Eropa saat menjajah Ternate.

Khusus untuk peninggalan sejarah yang terkait dengan Kesultanan Ternate, sangat menarik di antaranya mahkoka berambut dengan sejumlah keanehan, seperti rambut di mahkota itu tumbuh bertambah panjang layaknya rambut manusia, sehingga pada saat tertentu harus dipotong.

Objek wisata bahari di Kota Ternate, kata Samin Marsaoly, juga cukup menarik, baik wisata pantainya maupun panorama bawah laut, bahkan ada titik penyelaman yang bisa memberi makan ikan hiu.

Jika ingin mendaki gunung, di Ternate juga ada Gunung Gamalama setinggi 1700 meter dari permukaan laut, yang selain menawarkan keindahan pemandangan saat berada di puncak, juga ada makam tua di puncak gunung itu yang bisa untuk wisata spritual.

Ia menambahkan, produk kerajinan untuk cendera mata di Ternate juga cukup menarik, seperti kerajinan batik dan perhiasaan besi putih, begitu pula kuliner di daerah ini cukup banyak dan memiliki citra rasa khas.

Disbudpar Ternate pada akhir Desember 2018 akan menggelar Festival Kora-Kora, yang merupakan kegiatan tahunan, sehingga wisatawan bisa menyaksikan berbagai atraksi, baik yang terkait dengan kebaharian maupun seni budaya tradisional.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018