Ternate, 4/11 (ANTARA News) - Pemprov Maluku Utara (Malut) selama 2018 membangun 19 jembatan yang tersebar di wilayah itu yang bersumber dari pembiayaan melalui APBD maupun APBN 2018 dan telah dimanfaatkan masyarakat setempat.

"Tentunya dengan infrastruktur yang telah dibangun ini bisa mendukung perekonomian masyarakat di Malut," kata Gubernur Malut Abdul Ghani Kasuba saat menjadi inspektur pada Hari Bakti Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ke-73 di Ternate, Selasa.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Malut secara simbolis meresmikan 19 jembatan dan menyerahkan langsung tiga unit mobil.

Acara peresmian dan penyerahan yang dilakukan Gubernur tersebut usai upacara bendera peringatan Hari Bakti PUPR ke 73 di halaman Kantor Dinas PU dan Penataan Ruang Provinsi Malut.

Dia mengatakan, 19 jembatan yang tersebar? di dua daerah yakni Kota Tidore Kepulauan sebanyak enam jembatan dan Kabupaten Halmahera Selatan sebanyak 13 jembatan yang bersumber dari APBN dan APBD Tahun Anggaran 2018.

Dimana, dari 19 jembatan tersebut berada di ruas jalan Payahe-Dehepodo Kota Tidore Kepulauan terdapat dua jembatan yakni jembatan Ake Nuku dan Ake Tagalaya dengan anggaran bersumber dari APBD tahun 2018 .

"Memang, ada tambahan untuk jembatan di ruas jalan keliling Pulau Tidore diantaranya, jembatan Ake Itokici, Ake Tusuma, Ake Surumalao dan Ake Goto, itu anggaran dari APBN tahun 2018," kata Jafar.

Sedangkan, untuk ke 13 jembatan lainnya yang berada diruas jalan Saketa-Dehepodo Kabupaten Halsel terdiri dari jembatan Ake Dingo, Ake Kofi, Ake Acango 1, Ake Acango 2, Ake Doro 1, Ake Doro 2, Ake Doro 3, Ake Wayakubu, Ake Boso, Ake Fulai, Ake Dolik, Ake Durian, dan Ake Tokaka yang bersumber dari APBD Tahun 2018.

Selain itu, Dinas PU dan Penataan Ruang Provinsi Malut, pada peringatan Hari Bakti PUPR juga melounching portal Geografis Informasi System (GIS) sebagai wujud kerjasama Pemerintah Provinsi Malut dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka pencegahan Korupsi.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018