Ternate, 30/12 (ANTARA News) - PT Telkom Indonesia (Persero) melakukan upaya pemulihan layanan telekomunikasi yang sempat terganggu di wilayah Maluku Utara (Malut) seperti di Sanana, Labuha, Ternate dan Sofifi (Halmahera) sehingga mulai normal.

"Gangguan yang terjadi sejak Rabu (26/12) pukul 06.23 WIB ini disebabkan oleh putusnya kabel laut serat optik ruas Namlea - Sanana di titik 183km dari Tersili," kata Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo melalui siaran pers yang diterima Antara, Sabtu.

Dia menyatakan, Telkom terus berupaya memulihkan layanan yang terganggu dan saat ini, layanan telekomunikasi di wilayah Sanana dan Labuha telah kembali normal.

Sedangkan untuk Ternate dan Halmahera, saat ini menggunakan backup sistem satelit dengan kapasitas yang masih terbatas. Kami terus upayakan pemulihan gangguan layanan ini sesegera mungkin.

"Telkom menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada pelanggan yang terkena dampak gangguan ini, khususnya pelanggan Telkomsel dan IndiHome, serta beberapa pelanggan corporate dan instansi pemerintahan. Untuk mempercepat pemulihan, Telkom mengirimkan tim ahli dari Makassar dan Jakarta sehingga diharapkan proses recovery dapat berlangsung lebih cepat,"? katanya.

Oleh karena itu, Telkomsel menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan, kami terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait? agar proses perbaikan dapat diminimalisir waktunya, sehingga pelanggan? segera bisa menikmati komunikasi? secara maksimal.

Pihaknya berterima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan dalam menggunakan layanan Telkomsel.

Dia menambahkan, Telkomsel senantiasa berkomitment memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dengan selalu berupaya menjaga kualitas layanan dan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pelanggan serta masyarakat secara umum.

? "Untuk memberikan pelayanan terkait segala kebutuhan dan permasalahan pelanggan, Telkomsel menyediakan layanan GraPARI," ujarnya.

Sebelumnya, pelanggan telkomsel di Ternate berebut untuk membeli kartu indosat, menyusul layanan telekomunikasi melalui jaringan telkomsel mengalami kerusakan akibat adanya jaringan optik yang rusak selama tiga hari terakhir.

Warga Ternate sejak terganggunya jaringan telkomsel yang mengakibatkan seluruh layanan telekomunikasi putus total, sebagian besar pelanggan beralih menggunakan kartu Indosat dan akibat dari rusaknya jaringan telkomsel itu mengakibatkan aktivitas di pemerintahan maupun swasta terganggu, karena sebagian besar menggunakan jaringan telkomsel.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018