Ambon, 28/1 (ANTARA News) - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yasonna H Laoly mengatakan tahun 2019 adalah tahun politik yang harus disikapi secara bijak dan optimistis, untuk menyelesaikan target-target yang menjadi tanggung jawab jajaran Imigrasi secara tuntas dan berkualitas.

"Selain itu tahun 2019 adalah tahun terakhir RPJM 2015-2019 sekaligus tahun awal persiapan persiapan RPJM 2020-2024," katanya dalam sambutan yang dibacakan Gubernur Maluku Said Assagaff pada upacara Hari Bhakti Imigrasi yang ke-69, dilaksanakan di lingkungan Kantor Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Maluku di Ambon, Senin.

Menteri meminta seluruh jajaran Imigrasi untuk bersama-sama meningkatkan citra positif keimigrasian melalui Restrukturisasi SIMKIM yang terbarukan.

"Optimalisasi Pengawasan Keimigrasian melalui peran kerja Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) secara terukur, pengawasan penerbitan paspor dan keberangkatan warga negara Indonesia yang diduga sebagai tenaga kerja Indonesia Non Prosedural di tempat pemeriksaan Imigrasi serta penggunaan QR Code secara nasional," katanya.

Lakukan penegakan hukum Keimigrasian yang tepat sasaran, Peningkatan kualitas layanan penerbitan paspor elektronik dan pengolahan data anak kewarganegaraan ganda (ABG).
 
Upacara Hari Bhakti Imigrasi di Ambon, Senin (28/1) (John Soplanit)

Peningkatan status Wilayah Bebas Korupsi(WBK) dan menargetkan satu unit pelaksana teknis Keimigrasiandi masing-masing Kantor Wilayah untuk dapatkan status wilayah bebas dari korupsi (WBK).

"Selamat Hari Bhakti Imigrasi ke-69 bagi seluruh insan Imigrasi dimanapun bertugas, ingatlah bahwa kedaulatan negara berada di pundak saudara-saudara sekalian, jadilah penjaga pintu gerbang negara yang selalu menjaga kedaulatan negara dengan penuh integritas dan keikhlasan," katanya.

Menteri juga mengingatkan agar pimpinan dan karyawan Imigrasi mempergunakan waktu untuk berbuat lebih baik?dengan cara bekerja lebih keras.

"Semoga jajaran Imigrasi semakin?PASTI AKTUAL (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Inovatif, Aktif, Kreatif, Terpercaya, Unggul, Amanah dan Logis)," ujarnya.

"Semoga?di bhakti yang telah Imigrasi berikan kepada Republik Indonesia ini membawa Indonesia menjadi bangsa yang semakin berwibawa di mata dunia," katanya.

Seusai upacara, acara dilanjutkan dengan kegiatan tabur bunga di perairan teluk dalam Ambon oleh semua peserta upacara.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019