Ternate, 17/2 (ANTARA News) - Atlet Triathlon Nasional Muhammad Taufik dari Bandung, Jawa Barat, ikut memeriahkan gelaran lomba Triathlon Ternate, Maluku Utara (Malut), dalam rangka HUT Korem 152/Babullah, Minggu.

Ketua Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Malut Kolonel Inf Endro Satoto di Ternate, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada peserta dan penyelenggara atas kerja kerasnya, sehingga lomba Triathlon di daerah itu sukses.

"Gelaran lomba Triathlon yang merupakan debut pertama setelah pelantikan pengurus FTI Maluku Utara ini tetap akan kami evaluasi pelaksanaannya guna perbaikan ke depan," kata Endro.

Taufik yang turun dalam kategori perorangan tersebut tampil memukau dan finis pertama dalam etape renang sejauh 350 meter, kemudian dengan sepedanya, Taufik melesat kencang menyusuri jalanan dan dibayangi oleh Ridwan, atlet dari Kodam XIV/Hasanudin.

Namun, Taufik mengalami kendala teknis di Km 8 pada sepedanya, sehingga harus merelakan rivalnya untuk melesat. Tetapi, dengan susah payah terutama pada tanjakan, Taufik mampu menyelesaikan etape sepeda yang dilanjutkan dengan lari sejauh 7 Km dengan selisih waktu tempuh 12 menit lebih lama dari rivalnya.

Namun demikian, ia mampu menyelesaikan seluruh etape perlombaan dengan waktu tempuh 1 jam 43 menit terpaut 10 menit dari Iqbal yang mencatatkan waktu 1 jam 33 menit.

Taufik ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa ia cukup puas dengan capaiannya meskipun sedikit kecewa karna terkendala sepeda yang mengalami kerusakan pada bagian jok.

"Saya kesulitan terutama pada tanjakan, namun saya senang sebab dalam Triathlon ini saya dimanjakan dengan keindahan alam sepanjang rute, sekaligus lomba ini dijadikan sebagai ajang pemanasan untuk mempersiapkan diri menghadapi SEA Games 2019 di Filipina," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum I FTI Ripto Susilo mengaku puas dan bangga atas pelaksanaan lomba Triathlon yang dilaksanakan di Ternate dalam rangka HUT ke-16 Korem 152/Babullah.

"Karena baru kemarin kami melantik Pengprov FTI Malut yang diketuai oleh Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, namun hari ini sukses menyelenggarakan lomba triathlon yang diikuti oleh 244 peserta," ujarnya.

Menurut dia, meskipun lomba kali ini masih belum memenuhi standard nasional, khususnya dalam hal jarak tempuh, tidak mengurangi kebanggaannya atas semangat peserta, penyelenggara, pendukung hingga suporter.

"Bahkan, masyarakat juga memberikan dukungan luar biasa, terbukti dengan banyaknya yang menonton di sepanjang rute.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019