Ternate, 26/2 (ANTARA News) - Duta Besar (Dubes) Duta Besar Portugal YM Rui Fernando Sucena do Carmona dan Duta Besar Kerajaan Spanyol Y.M Jose Maria Matres Manso saat melakukan kunjungan kerjanya di Malut tertarik dengan potensi pariwisata di daerah ini.

"Kami percaya bahwa hubungan kerja sama antara Portugal-Spanyol dan Maluku Utara sudah terbangun dengan baik kurang lebih 500 tahun lalu dan kedatangan kami terutama sangat tertarik dengan berbagi potensi wisata yang sangat besar di Malut," kata Dubes Spanyol, YM Jose Maria di Ternate, Selasa.

Dalam pertemuan tersebut, Duta besar Spanyol menyampaikan maksud kunjungan ke Malut terutama sangat tertarik dengan potensi wisata yang ada di Malut.

Dia sangat berharap hubungan kerjasama ini terus terbangun dalam memajukan sektor pariwisata yang ada di Malut.

Kunjungan kedua Dubes itu membawa rombongan yang tiba berjumlah enam orang diantaranya, Dino R. Kusnadi, Direktur Eropa I, Kementerian Luar Negeri, Y.M. Rui Fernando Sucena do Carmo, Duta Besar Portugal, YM Rui Fernando Sucena do Carmo, Duta Besar Spanyol Jos? Maria Matres Manso, Wakil Duta Besar Spanyol, Mr Javier Serrano Aviles, Koordinator Aula Cervantes dan Edwinal Rahadian, Diplomat Pertama, Direktorat Eropa I, Kementerian Luar Negeri.

Sementara itu, Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba menyatakan, masyarakat dan Pemprov Malut siap menyambut dan merayakan kesuksesan 500 tahun pelayaran dunia oleh Ferdinand Magellan pada tahun 2021 mendatang.

Gubernur berharap adanya peluang besar dalam memajukan berbagi sektor, sebab Malut masih butuh pengembangan, untuk itu Spanyol dan Portugis yang sudah punya hubungan sejarah emosional yang bagus di Malut pada masa lalu dan ini menjadi peluang besar untuk mengembangkan kerjasama itu di segala bidang.

Oleh karena itu, Pemprov Malut telah membentuk kepanitiaan dalam rangka mengenang perjalanan 500 tahun yang lalu oleh ekspedisi berkebangsaan Portugal Ferdinand Magellan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019