Sejumlah 61 putra terbaik Indonesia asal Maluku Utara (Malut), dinyatakan lulus dalam seleksi penerimaan Secata PK TNI AD gelombang I tahun 2019 serta akan mengikuti pendidikan di Sekolah Calon Tamtama Rindam XVI/Pattimura Ambon Maluku.

Kapenrem 152/Bbl Mayor Inf Iriono di Ternate, Minggu, mengatakan, serangkaian seleksi dalam rangka penerimaan Secata PK TNI AD gelombang I tahun 2019 telah dilaksanakan dan 61 orang yang sebagian besar adalah putra daerah Malut akan diberangkatkan ke Ambon pada hari Minggu (21/4) untuk mengikuti pendidikan di Secata Rindam XVI/Pattimura.

Menurut dia, sejak dibuka pendaftaran pada Maret 2019 terdaftar 683 peserta yang mengikuti seleksi penerimaan Secata PK TNI AD gelombang I tahun 2019.

Kemudian setelah mengikuti serangkaian seleksi tingkat daerah, maka terjaring 121 peserta yang lolos pada tahap seleksi pusat serta karantina di Kisus Yonif RK 732/Banau dan kegiatan seleksi tingkat pusat sendiri berlangsung selama dua  minggu secara marathon, kemudian hasil pemeriksaan tersebut dilakukan sidang pantuhir tingkat pusat serta diputuskan 61 peserta dinyatakan lolos berdasarkan hasil rangking dari nilai yang diperoleh selama proses seleksi berlangsung.

Dia mengakui, pihaknya menjamin rekrutmen calon anggota di Secata di daerah ini berlangsung secara transparan dan kalau panitia melakukan kecurangan akan ditindak.

Oleh karena itu, dia meminta melaporkan kalau dalam pelaksanaan rekrutmen ini ditemukan kecurangan-kecurangan, baik yang dilakukan oleh peserta maupun panitia seleksi. Peserta yang melakukan kecurangan atau pelanggaran akan didiskualifikasi meskipun telah dinyatakan lulus.

Sedangkan untuk panitia yang kedapatan melakukan kecurangan akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019