Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa meninjau langsung proses rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu Serentak 2019 di Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK )Teluk Ambon yang dipusatkan di kantor Desa Hative Besar.

"Selain memantau proses rekapitulasi, kedatangan Kapolda juga dalam rangka pengecekan kesiapan anggota di lapangan dalam melakukan pengamanan pleno tingkat PPK Teluk Ambon," kata Kasubag Humas Polres Pulau Ambon dan P.P. Lease, Ipda Julkisno Kaisupy di Ambon, Selasa.

Pengecekan yang dilakukan Kapolda di PPK Teluk Ambon ini sekaligus menyampaikan terimah kasih kepada ketua PPK, Jeck Wenno karena proses penghitungan suara di tingkat PPK berjalan aman dan lancar.

Polda Maluku juga telah menggelar silaturahim dengan mengundang masyarakat dari unsur tokoh agama, pemuda dan OKP, KPU, Bawaslu, serta partai politik, pascapemungutan suara dalam Pemilu 2019.

Maluku telah menyelenggarakan Pemilu dalam semua pentahapan, mulai dari masa kampanye sampai puncaknya pada 7 April 2019 berupa pencoblosan dan penghitungan suara dan lanjut ke tingkat perekapan suara di PPK.

"Memang ada beberapa TPS yang belum memasukkan kotak maupun surat suara ke PPK karena berbagai kendala seperti transportasi dan faktor geografis khususnya dari pulau-pulau seperti di kabupaten Seram Bagian Timur(SBT), tetapi di kota Ambon, misalnya, semua kotak dan suara sudah masuk ke PPK." ujarnya.

Beberapa TPS yang dilakukan pemungutan suara lanjutan maupun pemungutan suara ulang ada di kabupaten SBT yang paling banyak dan pada Selasa (23/4)  diputuskan ada 24 TPS melaksanakan pemungutan suara ulang dan lanjutan.

Sedikitnya ada 74 TPS di kabupaten SBT yang melakukan penghitungan suara lanjutan dan coblosnya tidak perlu dilakukan lagi.

Usai dikunjungi Kapolda Maluku yang didampingi Kapolres P. Ambon dan P.P. Lease, AKBP Sutrisno Hady Santoso juga melakukan sidak ke kantor PPK Teluk Ambon untuk mengecek kesiapan personelnya dalam mengamanan proses rekapitulasi penghitungan suara.

Kedatangan Kapolres diterima langsung Plh Kapolsek Teluk Ambon Ipda Julkisno Kaisupy dalam rangka pengecekan kesiapan anggota melakukan pengamanan penghitungan suara tingkat PPK Teluk Ambon.

Kapolres mengecek seluruh lokasi pada areal PPK guna mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019