Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyambut positif pemasangan perangkat teknologi media digital dalam ruangan atau I-Media melalui program "ANTARA Digital Media" yang dikembangkan oleh PT Indonesia Market Quotes (IMQ), anak perusahaan dari Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara.

"Pemkot Ambon mendukung penuh kerja sama ini karena tidak hanya akan memberikan dampak yang positif kepada kami, tapi juga masyarakat dalam rangka penyebaran informasi publik," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon, Joy Reiner Adriansz di Ambon, Selasa.

ANTARA Digital Media adalah jaringan kanal distribusi informasi melalui perangkat teknologi media digital I-Media dan layar luar ruang (LED) atau videotron di area publik seperti bandara, pelabuhan, rumah sakit, terminal bus, stasiun kereta api dan tempat-tempat publik lainnya.

Program ini merupakan kerja sama Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kemkominfo) dengan Perum LKBN ANTARA, yang telah dilaksanakan sejak 2018 di beberapa provinsi lainnya di Indonesia dan masih akan terus diperluas hingga 2020.

Khusus untuk Kota Ambon sedikitnya ada empat perangkat I-Media dan satu videotron yang dipasang secara gratis oleh PT IMQ di Pemkot Ambon, Samsat Polda Maluku, RSUD dr. M Haulussy dan The Gade Cafe PT. Pegadaian Area Ambon.

Pemasangan pertama perangkat kanal I-Media di kota Ambon dilaksanakan di Dinas Perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) pada 29 April 2019, guna mendukung keterbukaan informasi bagi publik di kota Ambon.

"Kehadiran I-Media ini sudah kami tunggu dari 2018, tetapi ternyata baru bisa dipasang tahun ini. Kami memilih DPMPTSP sebagai lokasi pemasangan I-Media karena dinas itu yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat setiap hari," kata Joy.

Ia berharap setelah pemasangan I-Media, masyarakat luas bisa mengetahui lebih banyak mengenai perkembangan terkini Kota Ambon dan wilayah Indonesia lainnya, juga kinerja pemerintah daerah dan nasional.

Karena selain menampilkan beragam informasi terkini dari seluruh wilayah di Indonesia melalui berita-berita teks, foto dan video yang diproduksi oleh Perum LKBN Antara , I-Media juga akan menyajikan berbagai informasi dan berita mengenai Kota Ambon yang diproduksi oleh Pemkot Ambon.

"I-Media ini bisa menjadi corong dan media bagi kami untuk menyampaikan kepada masyarakat secara langsung informasi program-program kerja pemkot, apa yang sedang pemkot kerjakan dan bagaimana kinerja pemkot selama ini," tandas Joy.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019