Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara menemukan korban meninggal dunia di pinggir sungai Domato, Halmahera Barat.

"Tim gabungan ini menemukan korban bernama nama Manopo (33) asal desa Domato, kecamatan Jailolo Selatan, kabupaten  Halmahera Barat di sungai," kata Kepala Basarnas Ternate, M. Arafah di Ternate, Jumat.

Dia mengatakan, tim gabungan Basarnas melakukan pencarian pada pukul 07.30 WIT, yang diawali dengan breafing pencarian oleh dantim.

Setelah itu, pencarian diperluas area pencarian dari pencarian hari sebelumnya. Tim yang melaksanakan Ops SAR dibagi menjadi 2 SAR Unit (SRU).

Saat itu, tim menggunakan SRU 1 terdiri dari Tim Rescue Kansar TTE, Lanal Ternate, dan Dit Polair Polda Malut dan menggunakan RIB 02 Ternate, selanjutnya melaksanakan penyisiran di Search Area sesuai dengan Renops hari ketiga.

Sedangkan, SRU 2, Terdiri dari Babinsa Desa Domato, BPBD Halbar dan masyarakat setempat untuk penyisiran di sepanjang Pantai Perairan Sidangoli.

Sampai pukul 13.00 WIT Tim SAR gabungan menemukan korban bernama Manopo dalam keadaan meninggal dunia di pinggir sungai atau pada posisi 0,78 Km / Radian 8,76° dari LKP.

Korban dievakuasi menuju Puskesmas Sidangoli untuk divisum dan selanjutnya diserahkan ke pihak keluarga.

Dengan ditemukannya korban, Operasi SAR dinyatakan ditutup dan seluruh unsur dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Unsur yang dilibatkan dalam pencarian itu diantaranya Tim Rescue Kansar Ternate 5 orang, Lanal Ternate 1 orang, Polair Polda Malut 1 orang, Babinsa Desa Domati 1 orang, Polsek Jailolo Selatan 4 orang, tim dokter dan perawat Puskesmas Sidangoli 4 orang, masyarakat Desa Domato 52 orang.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019