Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mengimbau masyarakat khususnya umat Islam untuk menyambut bulan suci Ramadhan sebagai momentum guna merajut kembali tali persaudaraan yang sempat renggang akibat perbendaan politik pada Pemilu 2019.   

 "Pemilu sudah selesai dan sekarang masyarakat kembali merajut tali persaudaraan untuk bersama-sama menyambut Ramadhan dengan gembira dan hati yang bersih," kata Ketua MUI Ternate Usman Muhammad di Ternate, Jumat. 

Semua hal yang mungkin menimbulkan ketersinggungan, kekecewaan dan permusuhan karena adanya perbedaan pilihan pada Pemilu 2019 harus dilupakan dan saling memaafkan.  

Menurut dia, dengan sikap seperti itu diharapkan masyarakat, khususnya kaum muslimin dapat menjalani bulan suci Ramadhan dengan jiwa yang tenang dan fokus dalam melaksanakan ibadah, baik ibadah yang hubungannya dengan Allah SWT maupun ibadah yang hubungannya dengan sesama manusia.  

Khusus bagi peserta Pemilu 2019, baik calon legislatif maupun calon presiden termasuk para pendukungnya juga diharapkan menjadikan Ramadhan untuk melupakan semua persaingan yang terjadi dalam pelaksanaan Pemilu 2019. 

Apapun hasil dari Pemilu 2019, kata Usman, harus diterima dengan jiwa besar dan semangat persatuan karena semuanya merupakan ketentuan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, walaupun mungkin tidak sesuai dengan diharapkan.

Masyarakat diharapkan tidak mudah terprovokasi untuk melakukan tindakan yang dapat merusak tali persaudaraan dan ketenangan bersama terkait dengan hasil Pemilu 2019 yang akan ditetapkan Komisi Pemilihan Umum karena semua itu hanya akan merugikan.  

Ia menambahkan, bulan suci Ramadhan adalah bulan yang menjanjikan jaminan bagi setiap orang, khusus kaum muslimin untuk mendapatkan rahmat, pengampunan dan pembebasan dari api neraka, untuk itu harus dijalani dengan penuh kesungguhan agar bisa mendapatkan jaminan dari Tuhan Maha Esa. 

Selain itu, bulan Ramadhan juga diharapkan menjadi bulan untuk saling berbagi kepada sesama, khususnya kepada yang kurang mampu, baik melalui zakat fitrah maupun dalam bentuk sedekah, infak serta dalam bentuk kepedulian sosial lainnya.  

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019