Polda Maluku Utara (Malut) menyatakan, sebanyak 319 calon anggota Polri dinyatakan lolos melalui penerimaan terpadu calon anggota Polri pada 2019 yang berlangsung di aula Banau Unkhair Kampus 1 Akehuda Ternate.

"Dalam sidang terbuka penentuan sementara ini di mana nantinya calon anggota Polri yang dinyatakan lulus dalam sidang penentuan sementara ini akan melanjutkan ke tahap selanjutnya yakni melalui pemeriksaan kesehatan tahap II," kata Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendri Badar melalui siaran pers yang diterima Antara, Selasa.

Dia menyatakan, sidang terbuka ini dilaksanakan untuk menentukan mereka bisa mengikuti Tahap berikutnya yaitu kesehatan ke II dan sesuai ketentuan dari Mabes ini nantinya akan di ambil satu setengah Kuota, untuk kemarin sdah kita laksanakan sistem gugur dari kesehatan tahap I, Kesemaptaan Jasmani, Psikologi, dan Akademik (tidak ada sistem gugur).

"Makanya saat ini kita rekap nilainya dari tahapan sebelumya itu untuk dilakukan perankingan, dan yang berhak mengikuti tahap berikutnya Kesehatan Ke II, itu adalah satu setengah Kuota. Untuk kuota Bintara 190 orang sehingga kita ambil 190 kali satu setengah Kuota berarti 205 di kurangi dengan Bintara Kopetensi khusus," ujarnya.

Menurut dia, ada kebijakan Kapolda dalam penentuan perangkingan Kouota tadi ini di buat kuota per zona kabupaten/kota, karena untuk kompetensi masing-masing daerah blm imbang di Maluku Utara ini, kalau kita mengambil kuota secara umum nanti banyaknya yang menjadi Polisi orang Ternate saja untuk yang di kewilayahan nanti akan kalah, maka di buat rengking ini per Kabupaten atau Per Polres.

Adapun rincian peserta yang masuk tahap Rikkes II diantaranya Polres Ternate Jumlah Memenuhi Syarat (MS) : 111 org (pria : 105 wanita, Polres Tidore jumlah MS : 39 org (P: 36 W: 3), Polres Halbar, jumlah MS : 27 org (P: 24 W: 3) Polres Halut, jumlah MS: 31 org (P: 30 W: 1), Polres Halteng, Jumlah MS: 11 org (P: 10 W: 1, Polres Haltim umlah MS : 17 org (P: 15 W: 2) Polres Halsel, jumlah MS : 32 org (P: 30 W: 1), Polres Kepulauan Sula jumlah MS : 20 org (p: 18 w), Polres Morotai/PPKT, jumlah MS : 6 org (P: 5 W: 1)

Sedangkan, Bintara Bakomsus Jumlah MS : 30 org (P: 28 W: 2), Talent Scouting, jumlah MS : 3 org (P: 3 W: -) dengan total MS : 319 orang (P : 295 W: 24).
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019