Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate di Maluku Utara menggelar apel untuk mengecek kesiagaan personel dan kendaraan pendukung penanganan kedaruratan menjelang Lebaran.

"Alut yang dimiliki oleh Basarnas Ternate ditampilkan sekaligus untuk melakukan pengecekan mengenai kesiapsiagaan alut dalam menghadapi bencana, musibah serta kondisi yang membahayakan jiwa manusia di wilayah Malut," kata Kepala Basarnas Ternate,  M Arafah, Senin.

Usai apel di Kantor Basarnas Ternate, dia mengatakan pemeriksaan juga dilakukan pada kendaraan seperti truk pengangkut personel, truk pendukung kegiatan penyelamatan, kapal, sepeda motor dan perahu karet yang dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas penyelamatan selama masa siaga angkutan Lebaran pada  28 Mei sampai 13 Juni 2019.

Ia menjelaskan, kantor Pencarian dan Pertolongan ingin memastikan personel dan kendaraan pendukung bisa melakukan pelayanan SAR secara cepat, tepat, aman dan handal selama masa mudik Lebaran.

"Kita akan tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi Tupoksi (tugas pokok dan fungsi) dari Basarnas," katanya.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019