Gubernur Maluku, Murad Ismail secara langsung menelepon Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita untuk meminta bantuan perbaikan terhadap pasar ikan Arumbae di kawasan pasar Mardika, Kota Ambon.

"Saya minta tolong sama pak Menteri untuk bagaimana kita mempunyai pasar ikan ini diperbaiki dan dikelola dengan baik," katanya saat  melakukan telepon langsung melalui telepon selulernya dengan Mendag di sela-sela peninjauannya di pasar ikan tersebut, Selasa.

Gubernur  juga meminta Mendag untuk memberikan bantuan secara khusus kepada Maluku, terutama memperbaiki dan menata sejumlah pasar di daerah ini.

Dalam pembicaran langsung dengan Mendag, dia  juga mengaktifkan speaker telepon genggamnya sehingga bisa langsung didengar wartawan maupun para pedagang dan warga yang sedang beraktivitas di pasar ikan tersebut.

Dalam telepon singkat itu, mantan Kakor Brimob Mabes Polri tersebut juga menyampaikan kepada Mendag Enggartiasto bahwa dirinya telah menghubungi Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy untuk segera berangkat ke Jakarta menemui Mendag untuk membicarakan dan menyampaikan usulan dan rencana perbaikan pasar ikan terbesar di Maluku tersebut.

Mendengar permintaan Gubernur tersebut, Mendag Enggartiasto spontan menyatakan siap membantu perbaikan pasar ikan Arumbae tersebut.

"Siap Pak Murad, baik Pak. Langsung kasih (usulan perbaikan) ke saya, tidak usah khawatir dan jangan melalui orang lain," kata Mendag.

Mendengar tanggapan positif dan kesedian Mendag untuk membantu, Gubernur Murad bersama sejumlah pejabat yang mendampingi diantaranya Kapolda Maluku, Irjen Pol. Royke Lumowa, Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufik dan Kadis Perindag Maluku, Elvis Pattiselano tersenyum sumringah dan menyatakan terima kasih atas bantuan dan dukungannya.

"Terima kasih pak Menteri. Maaf ini setengah perintah, mumpung baterai baru (Gubernur baru)," kata Murad yang disambut tawa Mendag Enggartiasto di ujung telepon.

Peninjauan Murad di ke pasar Mardika dan pasar Arumbae di kawasan Mardika, kecamatan Sirimau tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur Maluku bersama Barnabas Orno di Istana Negara, 24 April 2019.

Peninjauan tersebut untuk memantau dan mengecek harga bahan kebutuhan pokok menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.
 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019