Pengoperasian maskapai penerbangan AirAsia terutama pada hari biasa atau hari kerja dengan menawarkan harga tiket yang lebih murah dan terjangkau oleh masyarakat sangat disambut positif kalangan legislator.

"Diharapkan maskapai ini juga bisa membuka rute penerbangan dari Ambon-Jakarta pergi pulang (PP) karena selama ini harga tiket pesawat yang ditawarkan maskapai lain yang beroperasi di Maluku sangat mahal," kata Anggota DPRD Provinsi Maluku, Ikram Umasugi di Ambon, Kamis. 

Menurut dia, selama ini maskapai penerbangan ingin meraup untung yang besar, sehingga dengan sepihak menaikan harga tiket hingga di ambang batas atas.

Kondisi ini tentunya sangat berpengaruh terhadap pendapatan negara maupun daerah, khususnya di bidang pariwisata.

Kalau maskapai penerbangan AirAsia mengambil rute penerbangan yang saat ini dikuasai maskapai penerbangan dalam negeri, maka tentunya persaingan dalam hal harga tiket akan semakin ketat dan berujung pada penurunan harga tiket pesawat.

"Kita tahu sendiri, bahwa maskapai penerbangan dalam negeri ini sangat bandel. Untuk itu, harus ada persaingan ketat agar harga tiket pesawat bisa diturunkan," tandasnya.

Kasihan masyarakat yang memiliki keperluan penting dan mendadak ke luar daerah namun harus terbentur harga tiket pesawat yang mahal.

"DPRD Maluku harus merespon ini, demi peningkatan sektor pariwisata di Maluku, sebab sektor ini menjadi anjlok karena wisatawan domestik maupun mancanegara enggan untuk ke Maluku sebagai akibat dari mahalnya harga tiket pesawat," kata Ikram.

Untuk diketahui, rute penerbangan Jakarta – Denpasar, AirAsia mematok harga Rp696 ribu dan lebih murah dari yang ditawarkan maskapai Lion Air sebesar Rp829 ribu untuk hari biasa.

Sementara itu, di rute Jakarta-Surabaya, AirAsia menjual tiketnya seharga Rp574 ribu pada hari kerja, sementara Lion Air mematok harga tiket Rp818 ribu.

Untuk rute favorit seperti Yogyakarta, Bali, dan Surabaya, maskapai penerbangan AirAsia yang berbasis di Singapura ini menawarkan harga di bawah standar maskapai Low Cost Carrier (LCC) lainnya.

Selama hari biasa, AirAsia mematok harga perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta seharga Rp443.100 dan lebih murah ketimbang Lion Air misalnya yang menjual harga tiket mencapai Rp565 ribu.


 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019